Alasan Jaimerson dan Beto Bisa Mulus Membela Persija di Liga Champions Asia

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 30 Jan 2019, 19:15 WIB
Diperbarui 30 Jan 2019, 19:15 WIB
Jaimerson Xavier dan Alberto Goncalves
Jaimerson Xavier dan Alberto Goncalves jelang laga Timnas Indonesia U-23 vs Hong Kong, Senin (20/8/2018). (Bola.net/Fitri Apriani)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta membuat kejutan setelah meminjam Jaimerson da Silva dan Alberto Goncalves (Beto) dari Madura United. Mereka diproyeksikan bakal membela tim Macan Kemayoran di Liga Champions Asia.

Akan tetapi, timbul pertanyaan soal partisipasi Beto dan Jaimerson bersama Persija di Liga Champions Asia. Hal itu dikarenakan AFC sudah menutup pendaftaran pemain untuk kompetisi tersebut per 21 Januari 2019.

Bola.com kemudian menilik regulasi Piala AFC terkait pendaftaran pemain. Hasilnya, Jaimerson dan Beto memiliki peluang membela Persija jika merujuk pasal AFC 24.4.1.

Di sana disebutkan suatu klub bisa mendaftarkan tiga pemain pengganti maksimal tujuh hari sebelum pertandingan pertama. Jika merujuk Persija, laga pertama mereka adalah melawan Home United pada 5 Februari 2019.

Pasal 24.4.1 menyebutkan syarat bagi klub mengganti pemain harus disertai bukti medis. AFC kemudian melalui Komite Medis-nya akan meninjau kesehatan fisik pemain bersangkutan yang ingin diganti.

Persija kemungkinan akan menggunakan regulasi itu jika merujuk situasi klub saat ini. Rezaldi Hehanussa yang kabarnya mengalami cedera, disinyalir bakal digantikan oleh Jaimerson.

Sementara itu, Persija kemungkinan akan mendaftarkan Beto dengan latar pasal 24.4.2. Regulasi itu menyebut, setiap klub bisa mengganti atau menambah hingga lima pemain dengan alasan apapun. Syaratnya, jumlah pemain yang didaftarkan tidak lebih dari 30.

Saat ini Persija mengklaim telah mendaftarkan 24 pemain, termasuk empat pemain yang dipastikan tidak tampil karena regulasi International Transfer Certificate (ITC), antara lain Neguete, Ryuji Utomo, Jahongir Abdumuminov, dan Bruno Matos.