Sukses


Striker Baru Persebaya Pernah Membobol Gawang Liverpool

Bola.com, Surabaya - Persebaya sepertinya tidak akan rugi merekrut striker Guinea-Bissau, Amido Balde. Dia merupakan salah satu pemain kenyang pengalaman di Eropa. Salah satu catatan uniknya adalah pernah membobol gawang klub Inggris, Liverpool. 

Saat itu Balde berstatus sebagai pemain anyar raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic, yang didatangkan dari klub Portugal, Vitoria Guimaraes. Balde langsung tampil sebagai starter saat Celtic menjadi tuan rumah dalam uji coba pramusim itu. 

Lawan The Celts adalah Liverpool yang saat itu ditangani oleh Brendan Rodgers di Stadion Aviva, 10 Agustus 2013. Legenda hidup Liverpool, Steven Gerrard, saat itu masih berkarier sebagai pemain bahkan menjabat sebagai kapten. 

Gol Balde tercipta pada menit ke-12 setelah dia berusaha membangun serangan dengan Anthony Stokes dkk. Mulanya, pemain yang pernah membela Timnas Portugal U-20 itu menggiring bola dari tengah yang kemudian diumpan kepada bek Emilio Izaguirre.

Izguirre kemudian mengirim umpan kepada pemain sayap Tony Watt yang berusaha melakukan penetrasi. Melihat sang kapten Stokes minim pengawalan, Watt mengirim umpan terobosan mendatar.  

Bola kemudian berusaha direbut oleh para pemain Liverpool. Stokes langsung melakukan impan backheel kepada yang sudah mendekat ke jantung pertahanan The Reds. Pemain belakang Liverpool, Steward Downing sempat melakukan pengawalan kepada Balde. 

Namun, Balde mampu lolos dari usaha Downing menghentikannya. Setelah melewati Downing, Balde tanpa pikir panjang melepas tembakan ke gawang. Penjaga gawang Liverpool, Simon Mignolet berusaha maju menghadang sang striker.

Bola sepakan Balde mengenai kaki kiper asal Belgia itu, namun tak menghindarkannya ke arah gawang yang kosong setelah ditinggal Mignolet. Stadion Aviva kemudian bergemuruh menyambut gol perdana Balde untuk Celtic itu.

Laga ini berakhir 1-0 untuk Celtic lewat gol semata wayang striker yang saat itu berusia 22 tahun tersebut. Gol itu hanyalah satu kenangan Balde dalam berkarier di Eropa. Pada akhir musim 2013/2014, dia berhasil meraih gelar Premiership Skotlandia dengan catatan 20 penampilan dan 3 gol.

Video Populer

Foto Populer