Prediksi Home United Vs Persija: Titik Awal Menembus Turnamen Kasta Tertinggi Asia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 05 Feb 2019, 08:15 WIB
Logo Liga Champions Asia

Bola.com, Singapura - Persija Jakarta mengawali langkah menuju turmamen sepak bola berkasta tertinggi Asia dengan menghadapi Home United pada kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia (LCA) 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019). Pertandingan ini menjadi titik awal dan juga menentukan apakah Persija bisa tampil LCA atau harus kembali berjibaku di Piala AFC.

Persija datang ke Singapura dengan direcoki sejumlah masalah. Macan Kemayoran tidak bisa diperkuat para pemain asing karena permasalahan International Transfer Certificate (ITC). Persija akhirnya meminjam Jaimerson, bek tengah Persija yang sudah hijrah ke Madura United, serta Beto Goncalves, pemain naturalisasi yang juga dipinjam dari Madura United.

Kehadiran dua pemain pinjaman dari Madura United itu diharapkan bisa menjadi solusi jitu. Jaimerson yang memiliki pengalaman membawa Persija menjadi juara Liga 1 2018 akan menjadi benteng yang kuat bersama Maman Abdurrahman di depan gawang yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Sementara itu, Beto Goncalves akan menjadi duet yang bagus bersama Marko Simic. Kolev pun bisa memainkan formasi 4-4-2.

Macan Kemayoran juga harus mencari solusi atas kegagalan meraih kemenangan atas Home United ketika kedua tim bertemu di semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2018. Salah satu antisipasi yang dilakukan Persija adalah dengan berlatih di lapangan sintentis di Senayan, Jakarta. Alasannya, Stadion Jalan Besar yang juga memiliki permukaan rumput sintetis.

Pelatih anyar Persija, Ivan Kolev, tetap optimistis Persija pada lawatan ke Singapura ini. Pelatih asal Bulgaria itu ingin anak-anak asuhnya berpikir positif menghadapi Home United.

"Laga ini tidak mudah bagi kami. Saya sudah melihat satu pertandingan uji coba mereka. Saya melihat mereka tim yang bagus dan memiliki organisasi permainan yang bagus. Namun, pemain kami akan memberikan yang terbaik di lapangan untuk bisa memenangi pertandingan," ujar Kolev.

"Banyak pemain kami yang tidak bisa bermain. Tapi saya yakin pemain pengganti bisa memberikan yang terbaik. Tim ini baru, banyak pemain baru, juga organisasi permainannya. Saya pikir mereka bisa memperlihatkan penampilan yang berbeda dibanding ketika kedua tim bertemu musim lalu. Kami berpikir positif karena memiliki skuat yang bagus," lanjut pelatih berusia 61 tahun itu.

Sementara itu, Persija bisa menurunkan Ryuji Utomo yang awalnya diprediksi tak bisa bermain seperti tiga pemain asing karena masalah ITC. Namun, AFC menyatakan Ryuji lolos verifikasi untuk bermain di Liga Champions Asia. Pemain muda yang bermain di pusat pertahanan Macan Kemayoran itu menegaskan tekadnya tampil maksimal.

"Laga ini merupakan laga yang besar bagi kami, sebuah laga yang ketat. Namun, kami yakin bisa memberikan yang terbaik. Kami punya motivasi bagus untuk pertandingan ini, semua pemain pun sudah berlatih sangat keras. Ini pertandingan baru buat kami, bukan yang sudah berlalu. Kami punya tim baru dan pemain yang baru," tegas bek tengah Persija Jakarta itu.

 

2 of 3

Home United Optimistis di Kandang

Home United
Pemain Home United melakukan selebrasi usai membobol gawang Persija Jakarta pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Persija takluk 1-3 dari Home United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tuan rumah Home United memiliki motivasi besar jelang laga kontra Persija Jakarta. Klub Singapura itu ingin mengulang sukses dua kali kemenangan atas Macan Kemayoran di Piala AFC musim lalu dan juga melangkah ke fase selanjutnya di kualifikasi Liga Champions Asia.

Pelatih Home United, Saswadimata Dasuki, menegaskan timnya tidak menganggap remeh Persija yang datang ke Singapura. Namun, pengalaman dua kali meraih kemenangan atas Macan Kemayoran menjadi modal kepercayaan diri kembali menang di kandang sendiri.

"Laga ini akan ketat dan tentu sulit bagi kami. Namun, kami sudah siap. Tentu saya optimistis bermain di kandang sendiri. Kami juga ingin melanjutkan tren positif saat berjumpa Persija pada tahun lalu. Ini kompetisi bergengsi, kami akan berusaha yang terbaik melangkah ke fase selanjutnya," ujar pelatih Home United itu.

Home United telah mempelajari permainan Persija dan mewaspadai sejumlah pemain, seperti Marko Simic, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, dan Ismed Sofyan. "Saya pikir Ismed masih bagus dalam melakukan penyerangan maupun bertahan. Kami harus siap menghadapi seluruh pemain Persija," ujar Dasuki.

Hal senada juga diungkapkan gelandang Home United, Izzdin Shafiq. Pemain berusia 28 tahun itu menyadari kualitas pemain Persija bisa merepotkan timnya.

"Saya pikir kami harus berusaha yang terbaik. Persija menjadi lawan tangguh untuk kami dan tak mudah. Persija memiliki kualitas individu yang bagus, dan tentu itu bukan tugas yang mudah bagi kami. Hanya saja, ini kandang kami dan tentu kami ingin lolos ke babak selanjutnya," tegas pemain Home United itu.

 

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Home United (4-4-2): Nazri Sabri (kiper); Ho Wai Loon, Taufiq Muqminin, Abdil Qaiyyim Mutalib, Faritz Abdul Hameed (belakang); Hami Syarin, Adam Swandi, Izzdin Shafiq, Fazli Ayob (tengah); Nur Hizami Salim, Shahril Ishak (depan)

Pelatih: Saswadimata Dasuki

Persija (4-4-2): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson da Silva Xavier, Tony Sucipto (belakang); Riko Simanjuntak, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan (tengah); Marko Simic, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Ivan Kolev

Lanjutkan Membaca ↓