3 Fakta Menarik Kemenangan Persija di Babak Pertama Kualifikasi Liga Champions Asia 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Feb 2019, 21:05 WIB
Striker Persija, Marko Simic

Bola.com, Singapura - Persija Jakarta melaju ke babak kedua Kualifikasi Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Home United dengan skor 3-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Selasa (5/2/2019) malam WIB.

Berstatus sebagai tim tamu, Persija mengawali laga dengan skuat terbaiknya. Pelatih Ivan Kolev mengandalkan formasi 4-3-3 dengan trio Riko Simanjuntak, Beto Goncalves, Marko Simic sebagai juru gedor.

Tak butuh waktu lama buat Persija membuka keunggulan. Pada meit kesembilan, publik tuan rumah dibuat terdiam setelah Ho Wai Loon salah mengantisipasi tendangan bebas Fitra Ridwan sehingga bola sundulannya masuk ke gawang sendiri.

Harapan mulai hadir buat Home United pada menit ke-43. Song Ui-young mencetak gol penyeimbang setelah memanfaatkan umpan terobosan Abdul Hameed. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, Persija kembali unggul melalui gol Alberto Goncalves. Memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak, pemain yang akrab disapa Beto itu kemudian melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Rudy Khairullah.

Pada menit ke-84, giliran Marko Simic yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan silang Riko, Simic dengan garang melepaskan tembakan yang bersarang di gawang Home United. Skor 3-1 untuk kemenangan Persija bertahan hingga peluit panjang.

Kemenangan ini membuat Persija Jakarta melaju ke babak kedua Kualifikasi Liga Champions 2019 . Klub berjuluk Macan Kemayoran itu akan menghadapi wakil Australia, Newcastle Jets, pada 12 Februari 2019 di Stadion McDonald Jones.

Berikut ini 3 fakta menarik kemenangan Persija Jakarta di babak pertama kualifikasi Liga Champions Asia 2019 versi Bola.com:

2 of 2

Fakta Menarik Kemenangan Persija

1. Lolos ke babak kedua Kualifikasi Liga Champions 2019 menjadi yang pertama buat Persija sepanjang sejarah. Sebelumnya, pencapaian terbaik Persija adalah babak pertama pada 2001-2002.

Pada waktu itu, Persija kalah dari klub Jepang, Kashima Antlers di Kashima Soccer Stadium pada 24 Oktober 2002. Karena alasan situasi politik di Jakarta, Kashima menolak bertanding di Jakarta dan menawarkan berlangsung dalam satu leg saja.

Persija akhirnya menyerah dari Kashima Antlers dengan skor 1-4. Satu-satunya gol Persija ialah dari sepakan Budi Sudarsono setelah memanfaatkan umpan Bambang Pamungkas.

2. Gol ke gawang Home United menjadi yang pertama buat Alberto Goncalves sejak berseragam Persija Jakarta pada Februari 2019.

Beto Goncalves, bersama Jaimerson da Silva Xavier, merupakan pemain yang dipinjamkan oleh Madura United khusus untuk Persija di Liga Champions Asia 2019. 

3. Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih Persija Jakarta atas Home United. Sebelumnya Persija kalah dua kali dari Home United pada semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018.

Pada leg pertama, Persija kalah 2-3 di Singapura dan kalah 1-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Lanjutkan Membaca ↓