Persija dan 2 Klub Indonesia yang Pernah Menghadapi Wakil Australia di LCA

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 11 Feb 2019, 20:30 WIB
Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menghadapi Newcastle Jets pada putaran kedua Kualifikasi Liga Champions Asia 2019 di Stadion McDonald Jones, Newcastle, Selasa (12/2/2019). Ini menjadi laga perdana dalam tujuh tahun terakhir yang mempertemukan klub Indonesia dengan Australia.

Berstatus sebagai juara Liga 1 2018, Persija harus melalui tiga laga penyisihan untuk bisa tampil di fase grup Liga Champions Asia 2019. Ujian pertama berhasil dilalui Macan Kemayoran dengan mulus ketika mengalahkan Home United (Singapura) dengan skor 3-1 pada 5 Februari 2019.

Kali ini, ujian berat akan harus dilalui Persija untuk menghadapi Newcastle Jets. Secara kualitas, The Jets di atas kertas unggul dari Persija. Namun, pasukan Ernie Merrick sedang dalam tren negatif di A League (Liga Australia) karena menghuni peringkat ketujuh dalam 18 laga yang sudah dimainkan.

Andai mampu meraih kemenangan atas Newcastle Jets, Persija sudah dinanti wakil Jepang, Kashima Antlers (19/2/2019). Dengan demikian, perjuangan klub ibu kota Indonesia itu masih amat berat untuk bisa tampil di Liga Champions Asia 2019.

Sejarah mencatat, Persija Jakarta adalah klub Indonesia ketiga yang akan dan sudah berjumpa wakil Australia. Pendahulu-pendahulu sebelumnya gagal membawa pulang kemenangan ketika melakoni laga di Negeri Kanguru.

Lantas, siapa saja klub-klub yang pernah berjumpa dengan wakil Australia? Berikut ini dua klub Indonesia yang pernah bentrok dengan wakil Australia di Liga Champions Asia.

2 of 3

Persik Kediri Vs Sydney FC (Liga Champions Asia 2007)

Persik Kediri. (Bola.com/Dody Iryawan)

Persik Kediri menjadi klub Indonesia pertama yang menghadapi wakil Australia di Liga Champions Asia. Ketika itu, klub berjuluk Macan Putih itu berstatus sebagai juara Divisi Utama 2006 (kasta tertinggi saat itu).

Bermain di bawah asuhan pelatih Daniel Roekito, Persik menghuni Grup E bersama Urawa Red Diamons (Jepang), Sydney FC (Australia), dan Shanghai Shenhua (China). Persik lebih dulu menghadapi Sydney FC di Stadion Manahan, Solo, pada 12 April 2007.

Ketika itu Persik berhasil meraih kemenangan 2-1 berkat gol Aris Budi Prasetyo (25') dan Budi Sudarsono (70'). Namun, ketika bertandang ke Parramatta Stadium, mereka kalah 0-3 dari Sydney FC. Persik pun finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup dengan raihan tujuh poin.

3 of 3

Persipura Jayapura Vs Adelaide United (Liga Champions Asia 2012)

Skuat Persipura Jayapura. (AFP/Safin Hamed)

Berstatus sebagai juara Liga Super Indonesia 2010-2011, Persipura Jayapura berhak mewakili Indonesia di Liga Champions Asia 2012. Namun, Mutiara Hitam harus melalui jalur play-off mewakili wilayah Asia Tenggara.

Persipura Jayapura harus menghadapi klub Australia, Adelaide United. Hanya, tekad Persipura untuk lolos ke fase grup harus terhenti karena mereka kalah 0-3 dari Adelaide United.

Lanjutkan Membaca ↓