Sukses


Langkah Persija Menuju LCA Terhenti dalam 120 Menit di Markas Newcastle Jets

Bola.com, Newcastle - Langkah Persija Jakarta di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 terhenti dari Newcastle Jets. Dalam laga babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia 2019 yang digelar di Hunter Stadium, Newcastle, Selasa (12/2/2019), Persija kalah 1-3 dalam waktu 120 menit.

Persija sempat tertinggal lebih dulu pada awal babak kedua melalui gol yang dicetak Ronald Vargas. Namun, Ramdani Lestaluhu mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-72. Bermain sama kuat 1-1 dalam waktu 90 menit, Persija akhirnya kebobolan dua gol pada babak tambahan 2x15 menit.

Persija mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah di babak pertama. Meski Andritany Ardhiyasa beberapa kali harus maju untuk melakukan halauan atau menangkap bola silang yang jatuh di jantung pertahanan timnya, Persija juga mampu membuat sejumlah peluang.

Sepanjang 25 menit pertama, Riko Simanjuntak mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol. Namun, tembakan pemain bertubuh mungil itu masih bisa dihalau kiper Newcastle Jets, Glen Moss, dan juga tipis di luar sasaran.

Gawang Persija dua kali terancam pada menit ke-30. Dimi Petratos mendapatkan bola di hadapan Andritany Ardhiyasa. Namun, kesigapan Andritany menangkap bola membuat peluang Pertatos gagal berbuah hasil.

Persija mendapatkan peluang emas untuk memecah kebuntuan pada akhir babak pertama lewat tendangan salto Marko Simic setelah menerima umpan dari Riko Simanjuntak. Namun, tembakannya itu melesat jauh di atas mistar gawang Newcastle Jets. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Persija tak mengendurkan penyerangan di awal babak kedua. Situasi sepak pojok sempat membuat Macan Kemayoran hampir mengancam pertahanan Newcastle Jets. Namun, serangan balik cepat Jets berbuah gol bagi tim tuan rumah pada menit ke-48. Ronald Vargas tanpa kawalan menjebol gawang Andritany setelah menyambut umpan silang dari Roy O'Donovan.

Tertinggal satu gol tak membuat Persija lantas menyerah. Tim juara Liga 1 2018 itu mencoba bermain lebih sabar. Beto Goncalves mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-61. Namun, tembakan pemain pinjaman dari Madura United itu masih terlalu lemah.

 

 

2 dari 3 halaman

Gol Persija

Kesabaran Persija berbuah manis. Ramdani Lestaluhu akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-72 melalui tandukan setelah menyambut umpan sepak pojok Riko Simanjuntak. Tandukan jarak jauh Ramdani gagal diantisipasi pemain bertahan Newcastle Jets sehingga bola mengenai mistar dan masuk gawang.

Kedua tim sama-sama tak ingin kalah. Saling melakukan serangan dilakukan hingga akhirnya dengan tambahan lima menit di akhir babak kedua pun tak mengubah kedudukan imbang 1-1. Pertandingan pun diperpanjang 2x15 menit.

Riko Simanjuntak membuka peluang bagi Persija untuk berbalik unggul pada menit ke-94. Namun, upaya Riko melakukan penetrasi dari sisi kanan lapangan tak mampu diselesaikan dengan indah oleh Novri Setiawan, yang menyambut bola umpan silang di depan gawang Newcastle Jets.

Gawang Andritany akhirnya kembali bobol pada menit ke-101 melalui kaki Nigel Boogard. Berawal dari sepak pojok Dimi Petratos yang gagal dimaksimalkan rekan setimnya, bola liar justru mengalir ke arah kaki kapten tim tuan rumah yang tak membuang peluang untuk menjebol gawang Persija.

Persija hampir dipastikan gagal lolos ke play-off Liga Champions Asia 2019 setelah Newcastle Jets mencetak gol ketiga pada menit ke-119 melalui tandukan Matthew Ridenton. Kedudukan 3-1 untuk keunggulan Newcastle Jets pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Namun, petualangan Persija Jakarta di kompetisi Asia belum berakhir. Macan Kemayoran otomatis bergabung ke Grup G Piala AFC 2019 bersama Ceres-Negros (Filipina), Shan United (Myanmar), dan Becamex Binh Duong (Vietnam).

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Newcastle Jets (4-3-3): Glen Moss (kiper); Nigel Boogard, Daniel Goergievski, Nikolai Topor-Stanley, Johnny Koutroumbis (belakang); Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Ronald Vargas (tengah), Kaine Sheppard, Dimi Petratos, Roy O'Donovan (depan)

Pelatih: Ernie Merrick

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra (belakang); Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit (tengah): Riko Simanjuntak, Beto Goncalves, Marko Simic (depan)

Pelatih: Ivan Kolev

Video Populer

Foto Populer