5 Amunisi Nyawa Permainan Lini Tengah Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 15 Feb 2019, 08:15 WIB
Lutfi Kamal, Witan Sulaeman, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Ardiles Haay dan Sani Rizki Fauzi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, resmo memboyong 23 pemain untuk berlaga di Piala AFF 2019. Pemain gelandang menjadi pos yang paling banyak dibawa yakni 10 pemain.

Indra Sjafri memang dikenal sebagai pelatih yang mengandalkan kekuatan lini tengah. Pelatih asal Sumatra Barat itu memiliki filosofi untuk mengandalkan lini tengah dan sayap untuk membangun serangan.

Wajar bila Indra Sjafri memasukkan lebih banyak pemain gelandang ke skuat Timnas Indonesia U-22.

Sepuluh pemain tersebut adalah Kadek Agung (Bali United), M Luthfi Kamal (Mitra Kukar), Hanif Sjahbandi (Arema FC), Rafi Syaharil (Barito Putera), Gian Zola (Persela Lamongan), Sani Riski Fauzi (Bhayangkara FC), Witan Sulaiman (SKO Ragunan), Billy Keraf (Borneo FC), Todd Rivaldo (Persipura Jayapura), Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya).

Dengan mengandalkan skema 4-3-3, Indra Sjafri biasanya menempatkan gelandang-gelandang tangguh di lini tengah. Kinerja gelandang tersebut akan diteruskan ke pemain-pemain sayap yang memiliki kecepatan untuk mendobrak barisan lini pertahanan lawan.

Pada tiga laga uji coba terakhir, para gelandang yang dipasang Indra Sjafri mampu memberikan penampilan terbaik. Namun, terkadang serangan yang dibangun dari lini tengah tak berjalan sempura karena melesetnya pada penyelesaian akhir.

Satu-satunya skema lini tengah yang berhasil ketika Timnas Indonesia U-22 melawan Arema FC. Ketika itu, Hanif Sjahbandi yang menerima dukungan dari lini tengah berhasil mencetak gol melalui permainan terbuka.

Lantas, siapa saja pemain gelandang yang bisa diandalkan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-22? Berikut ini 5 pemain tengah yang diprediksi masuk skuat inti Piala AFF 2019 versi Bola.com:

2 of 6

Luthfi Kamal

Pemain Timnas Indonesia U-19, Luthfi Kamal, mengontrol bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Senin (19/2/2018). Pemusatan ini akan berlangsung selama satu pekan, yakni 18-25 Februari. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Lengkap: Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Maret 1999

Tinggi Badan: 171 cm

Posisi: Gelandang

Klub: Mitra Kukar

Luthfi Kamal merupakan gelandang bertahan yang dimiliki Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019. Peran Luthfi sangat sentral karena harus mampu diandalkan dalam memotong pergerakan lawan di lini tengah.

Tak sekadar box to box, Luthfi juga bisa diandalkan untuk mengatur ritme permainan Timnas Indonesia U-22. Tanpa Luthfi, mungkin permainan Timnas Indonesia U-22 menjadi berantakan dan tidak seimbang.

3 of 6

Hanif Sjahbandi

Gelandang Indonesia, Hanif Sjahbandi, saat pemanasan sebelum melawan Chinese Taipei pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0 atas Chinese Taipei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Lengkap: Hanif Abdurrauf Sjahbandi

Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 7 April 1997

Tinggi Badan: 180 cm

Posisi: Gelandang

Klub: Arema FC

Hanif Sjahbandi menjadi salah satu gelandang bertahan yang dimiliki Timnas Indonesia U-22. Perannya terkadang sering melakukan pekerjaan untuk menghentikan alur serangan lawan.

Tak jarang, Hanif bakal melakukannya dengan tekel-tekel berbahaya. Namun, sesekali pemain Arema FC juga bisa diandalkan dalam mencetak gol. Pada laga uji coba melawan klubnya, Hanif mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-22.

4 of 6

Witan Sulaeman

Pemain Timnas Indonesia U-22, Witan Sulaeman, menahan bola saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (18/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap: Witan Sulaeman

Tempat dan Tanggal Lahir: Palu, 8 Oktober 2001

Tinggi Badan: 162 cm

Posisi: Gelandang

Klub: SKO Ragunan

Witan Sulaeman merupakan gelandang andalan Indra Sjafri ketika di Timnas Indonesia U-19. Namanya pun dipromosikan Indra Sjafri sebagai pemain termuda ke skuat U-22 karena kualitas yang dimilikinya.

Witan merupakan tipikal gelandang pekerja keras yang juga memiliki kecepatan. Tak jarang, Witan bersedia turun ke belakang untuk membantu lini pertahanan. Bersama Timnas U-19, Witan sukses mencetak tiga gol dan kini penampilan apiknya dinantikan di Timnas Indonesia U-22.

5 of 6

Osvaldo Haay

Pemain Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, menendang bola saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (24/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap: Osvaldo Ardiles Haay

Tempat dan Tanggal Lahir: Jayapura, 1 Mei 1997

Tinggi Badan: 174 cm

Posisi: Gelandang

Klub: Persebaya Surabaya

Absennya beberapa nama pemain sayap langganan Indra Sjafri di Piala AFF 2019 bakal menjadi berkah buat Osvaldo Haay. Pemain Persebaya Surabaya itu bisa mematenkan satu posisi di sayap kiri Timnas Indonesia U-22.

Harapan tinggi wajar dialamatkan pada Osvaldo. Pemain 20 tahun itu mampu tampil apik bersama Persebaya di Liga 1 2018 dengan menyumbang 10 gol dalam 21 pertandingan.

6 of 6

Sani Rizky Fauzi

Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi, berpose usai latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Lengkap: Sani Rizki Fauzi

Tempat dan Tanggal Lahir: Sukabumi, 7 Januari 1998

Tinggi Badan: 165 cm

Posisi: Gelandang

Klub: Bhayangkara FC

Bakat Sani Rizki Fauzi ditemukan pelatih Simon McMenemy di Bhayangkara FC. Pada Liga 1 2018, Sani mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 18 pertandingan di posisi sayap kanan.

Pemain asal Sukabumi itu bisa menjadi alternatif serangan Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019. Apalagi sang pemain juga bisa diandalkan menghuni sayap kiri Garuda Muda.

Lanjutkan Membaca ↓