Awan Setho Persiapkan Mental untuk Jaga Gawang Timnas Indonesia U-22

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 15 Feb 2019, 14:45 WIB
Kiper Timnas Indonesia U-22, Awan Setho, mengirim umpan. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Kiper Timnas Indonesia U-22, Awan Setho, mengatakan mengasah mentalitas jadi persiapan paling penting sebelum tampil di Piala AFF U-22 2019. 

Timnas Indonesia U-22 bertolak ke Kamboja pada Jumat (15/2/2019) ini. Tim asuhan Indra Sjafri itu akan memainkan laga pertama dengan menghadapi Myanmar pada Senin (18/2/2019).

Awan Setho menjadi satu dari tiga kiper yang dipilih oleh Indra Sjafri untuk mengawal gawang Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019. Awan bersama dua kiper muda lainnya, Satria Tama dan Muhammad Riyandi, mendapatkan kepercayaan dari Indra Sjafri untuk masuk skuat.

Ketiga penjaga gawang muda ini punya jam terbang yang cukup baik di level internasional bersama tim nasional kategori usia. Namun, Awan Setho punya kelebihan pernah bermain di level senior.

Namun, hal tersebut tak membuat Awan Setho merasa jemawa. Kiper Bhayangkara FC itu menegaskan dirinya tetap harus mempersiapkan mentalitas yang sangat penting untuk bisa bermain di level tinggi dalam pertandingan.

"Hal tersebut akan tergantung kepada keputusan pelatih. Saya selalu siap untuk bermain jika dibutuhkan. Yang paling penting mental adalah hal yang selalu harus dipersiapkan," ujarnya.

Timnas Indonesia U-22 berangkat ke Piala AFF U-22 2019 dengan bermodal tiga hasil imbang dalam laga uji coba menghadapi Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United. Selalu kebobolan dalam tiga laga uji coba membuat kiper Timnas Indonesia U-22 memang harus mempersiapkan mental lebih baik ketika turun di laga yang sebenarnya.