VIDEO: Piala Presiden 2019 Ramaikan Pentas Sepakbola Indonesia

Oleh Reza Bachtiar pada 19 Feb 2019, 19:44 WIB

Bola.com, Jakarta Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar resmi dimulai pada Sabtu (2/3/2019). Turnamen pramusim sepak bola Indonesia tersebut dibuka dengan pertandingan Persib Bandung kontra Tira-Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019 yang diketuai Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, menggelar pengundian fase grup Piala Presiden 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Dalam proses pengundian yang sudah ditentukan empat tim di masing-masing lima grup itu, akhirnya terundi Persib akan menghadapi Tira-Persikabo sebagai laga pembuka.

"Partai pembuka Piala Presiden 2019 akan mempertemukan A1 kontra A2. Jadi, sesuai dengan hasil drawing, di mana Persib sebagai tuan rumah otomatis berada di A1, akan menghadapi Tira-Persikabo yang terundi berada di seeded A2," ujar Iwan.

"Untuk waktu pertandingan, akan kami sesuaikan dengan official broadcaster mengingat dalam setiap laga pembukaan akan selalu ada pernak-pernik kecil seperti penyanyi atau penari yang akan memeriahkan acara. Kami akan memastikannya dalam waktu tujuh hari ke depan," lanjut Iwan.

Iwan Budianto juga berharap penyelenggaraan Piala Presiden 2019 sebagai turnamen pramusim bisa menjadi momentum yang baik bagi klub-klub peserta, terutama klub Liga 1, untuk mempersiapkan diri jelang kompetisi Liga 1 2019 yang akan digelar Mei 2019.

"Piala Presiden adalah event yang digelar sebagai pramusim. Selalu digelar satu atau dua bulan sebelum kompetisi reguler dimulai. Sifat turnamen ini adalah pramusim, jadi murni untuk klub peserta mempersiapkan diri sebelum berlaga di Liga 1," tegas Iwan.

Piala Presiden 2019 ijadwalkan mencapai puncak pada 9 dan 12 April 2019. Untuk pertama kalinya, turnamen yang sudah memasuki edisi keempat itu menggelar laga final dengan sistem kandang dan tandang. (Benediktus Gerendo)