Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Malaysia U-22: Pantang Lengah demi Harga Diri

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Feb 2019, 06:15 WIB
Indonesia vs Malaysia

Bola.com, Phnom Penh - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi duel krusial pada matchday kedua Grup B Piala AFF 2019, Rabu (20/2/2019). Pasukan Indra Sjafri akan menghadapi Malaysia U-22, tim yang selama ini menjadi musuh bebuyutan dalam sejarah sepak bola Tanah Air.

Indonesia U-22 dan Malaysia U-22 sama-sama mengawali Piala AFF 2019 dengan kurang meyakinkan. Pasukan Garuda Muda hanya bermain imbang 1-1 melawan Myanmar U-22, sedangkan pasukan Harimau Malaya Muda takluk 0-1 dari tuan rumah, Kamboja U-22.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 sementara berada di urutan kedua klasemen dan Malaysia U-22 menjadi juru kunci Grup B. Bisa dipastikan laga nanti akan berlangsung sengit, bertensi tinggi, dan dibumbui rivalitas panjang antarkedua tim.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sadar laga nanti sangat berpengaruh pada kelanjutan mereka di Piala AFF 2019. Andai meraih hasil imbang atau kalau, nasib Andy Setyo dkk akan ditentukan pada laga terakhir.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 berlari santai saat latihan di Lapangan AUPP, Phnom Penh, Selasa (19/2). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF U-22 melawan Malaysia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sadar hal tersebut sangat berisiko, Indra Sjafri optimistis timnya bisa mengalahkan Malaysia U-22. Pelatih asal Sumatra Barat itu menyebut, secara moral para pemainnya sudah unggul 2 hal jelang laga kontrak negara tetangga.

“Kami harus memiliki persiapan yang baik untuk pertandingan yang kedua. Yang jelas, kami punya kelebihan dari sisi moral,” kata Indra Sjafri.

“Yang pertama, kami sekarang memiliki 1 poin karena kemarin imbang, sedangkan mereka kalah. Yang kedua, kami bermain sore hari dan mereka bermain maLam. Keberuntungan-keberuntungan itu sudah kami hitung,” ujar pelatih berusia 56 tahun itu.

Nikmati sajian liputan khusus Piala AFF U-22 2019 dari Kamboja di situs Bola.com dengan mengklik tautan ini.

 

 

2 of 3

Pantang Lengah

Namun, Indra Sjafri tentu tak boleh percaya diri berlebihan. Apalagi mantan pelatih Bali United itu punya catatan buruk ketika jumpa Malaysia. Indra Sjafri tercatat belum pernah menang dengan meraih sekali imbang serta dua kali kekalahan ketika menghadapi Malaysia bersama Timnas Indonesia U-19.

Timnas Malaysia U-22 jelang laga melawan Kamboja di Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Senin (18/2/2019). (Bola.com/Dok. FAM)

Sementara itu, Malaysia U-22 tentu tak hanya berstatus sebagai tim penggembira di Piala AFF 2019. Mereka wajib meraih kemenangan atau harus pulang jika kembali menelan kekalahan.

Sayang, ambisi untuk bangkit yang sedang diusung Malaysia U-22 tak sejalan dengan kenyataan. Mereka harus kehilangan 2 pemain kunci pada laga melawan Timnas Indonesia U-22 yakni R. Kogileswaran yang mengalami cedera dan Daniel Haqim yang mendapatkan kartu merah pada laga perdana.

"Pada pertandingan kedua, kami harus mendapatkan satu atau tiga poin untuk membuka peluang ke babak selanjutnya. Masih ada pemain lain yang bisa mengisi slot yang ditinggalkan dan saya percaya mereka mampu menjalankan tugas dengan baik,” tegas Ong Kim Swee, pelatih Timnas Malaysia U-22.

3 of 3

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22
Indra Sjafri menegaskan para pemain Timnas Indonesia U-22 sama sekali tidak meremehkan Myanmar U-22. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho (kiper), Samuel Christianson, Andy Setyo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam (belakang), Gian Zola, Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi (tengah), Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Malaysia U-22 (3-4-3): Haziq Nadzli (kiper), Dominic Tan Jun Jin, Ariff Farhan Md Isa, Dinesh Rajasingam (belakang), Nazirul Arif, Faisal Halim, Izzani Syahmi, Sharul Nizam (tengah), Hadi Fayyadh, Jafri, Safawi Rasid (depan)

Pelatih: Ong Kim Swee (Malaysia)

Lanjutkan Membaca ↓