Aleksandar Rakic Prioritaskan Kemenangan Madura United ketimbang Cetak Gol

Oleh Aditya Wany pada 20 Feb 2019, 16:15 WIB
Aleksandar Rakic

Bola.com, Bangkalan - Aleksandar Rakic masih belum banyak menyumbang gol untuk Madura United. Striker asal Serbia itu baru membukukan dua gol dari empat penampilannya bersama Laskar Sape Kerrab.

Gol pertama Rakic lahir lewat titik putih saat Madura United menang 2-0 atas Cilegon United di leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018 (29/1/2019). Dia akhirnya mencetak gol melewat open play di leg pertama babak 16 besar ke gawang Sriwijaya FC (17/2/2019).

Statusnya sebagai top scorer Liga 1 2018 menuntutnya untuk selalu mencetak gol untuk Madura United. Namun, Rakic tidak mementingkan urusan pribadi dalam membobol gawang lawan. Dia lebih mementingkan kemenangan tim.

"Tidak penting siapa yang mencetak gol, kemenangan tim lebih penting buat saya. Saya tidak pernah mendorong diri untuk selalu mencetak gol. Kalau saya bisa mencetak gol itu bagus, tapi kadang-kadang saya juga tak mencetak gol," kata Rakic.

Selama 2019, Madura United sudah mengantongi delapan gol dari tiga laga di Piala Indonesia 2018. Jika ditambah uji coba melawan Timnas Indonesia U-22, ada sembilan gol. Dari jumlah itu, Rakic hanya menyumbang seperempatnya.

Striker berusia 32 tahun itu kemudian memberi contoh kiprah Cristiano Ronaldo saat awal bergabung raksasa Italia, Juventus. Pemain asal Portugal itu sempat gagal mencetak gol dalam tiga laga awal di Seria A.

"Saya ingat awal-awal Cristiano Ronaldo datang ke Juventus dia juga tidak banyak mencetak gol. Sejauh ini saya sudah mencetak dua gol dari empat pertandingan, saya merasa makin baik dari hari ke hari dan saya merasa segera kembali pada level yang diharapkan semua orang," imbuh Rakic.

Ronaldo memang baru mencetak gol saat Juventus menjamu Sassuolo pada pekan keempat Seria A 2018-2019. Peraih lima gelar Ballon d’Or tersebut memborong dua gol dalam laga yang dimenangi Juventus dengan skor 2-1 itu. Kini ia sudah menorehkan 20 gol di semua ajang yang diikuti Si Nyonya Tua, plus jadi top scorer sementara Serie A.

Di sisi lain, Madura United juga memiliki beberapa pemain lain yang tak kalah haus gol. Tujuh gol lain sejauh ini diciptakan Andik Vermansah dengan tiga gol, Greg Nwokolo (2 gol) dan dua sisanya masing-masing disumbang Jaimerson Xavier dan Slamet Nurcahyo.