Sukses


5 Fakta Menarik tentang Perhelatan Piala Presiden 2019

Jakarta - Piala Presiden 2019 siap bergulir pada 2 Maret mendatang. Ini merupakan penyelenggaraan keempat turnamen pramusim kompetisi sepak bola Indonesia, setelah sebelum berlangsung pada 2015, 2017, dan 2018.

Pertandingan pembuka Piala Presiden 2019 mempertemukan Persib Bandung melawan Tira-Persikabo di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, Persija Jakarta merupakan juara bertahan Piala Indonesia. Di final Piala Indonesia 2018, Persija mengalahkan Bali United 3-0 di Stadion Gelora Bung Karno, pada 17 Februari 2018.

Tahun ini, Piala Presiden tidak kalah meriah dengan penyelenggaraan pada 2018. Presiden Joko Widodo rencananya juga akan membuka langsung Piala Presiden 2019. Sebanyak 20 klub akan ikut serta di Piala Presiden 2019, di mana mereka dibagi dalam lima grup yang masing-masing diisi empat tim. Mereka yang berhak ke babak perempat final adalah juara grup dan tiga peringkat kedua terbaik.

Ketua Panitia Pelaksana (OC) Piala Presiden 2019, Iwan Budianto, mengatakan, pihaknya terus menggenjot persiapan turnamen pramusim ini. Dia ingin penyelenggaraan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2019 akan disiarkan langsung oleh Indosiar. Berikut daftar enam fakta menarik penyelenggaraan Piala Presiden 2019.

 

 

2 dari 6 halaman

1. 20 Klub dan Lima Grup

Terdapat 20 klub yang mengikut Piala Presiden 2019, di mana mereka berasal dari Liga 1 dan Liga 2. Dari 20 tim, dibagi menjadi lima grup di mana masing-masing grup diisi empat tim.

Pertandingan pada fase grup digelar di satu stadion, yang ditunjuk sebagai kota tuan rumah. Berdasarkan pengumuman terakhir, 20 klub tersebut sudah terdaftar.

Berikut pembagian grup Piala Presiden 2019

Grup A: Persib Bandung (tuan rumah), Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Tira- Persikabo. (Stadion Si Jalak Harupat, Bandung)

Grup B: Bhayangkara FC (tuan rumah), Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar. (Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi)

Grup C: PSIS Semarang (tuan rumah), PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra. (Stadion Moch. Soebroto, Magelang)

Grup D: PSS Sleman (tuan rumah), Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC. ( Stadion Maguwoharjo, Sleman)

Grup E: Arema FC (tuan rumah), Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera. (Stadion Kanjuruhan, Malang).

3 dari 6 halaman

2. Hadiah Juara Rp 3,3 miliar

Juara turnamen Piala Presiden 2019 akan meraih uang tunai Rp 3,3 miliar. Jumlah hadiah itu sama dengan diberikan kepada juara Piala Presiden 2018, Persija Jakarta.

"Tim juara akan mendapatkan Rp3,3 miliar dipotong pajak. Persis seperti edisi tahun lalu," ungkap Iwan Budianto, yang juga ketua panita pelaksana (OC) Piala Presiden 2019.

Sementara untuk runner up, hadiah yang diberikan juga sama dengan tahun lalu yakni sebesar Rp2,2 miliar. Perbedaan terjadi untuk hadiah peringkat ketiga, yang tahun ini disamakan dengan peringkat keempat yakni sebesar Rp 750 juta.

Sejumlah hadiah juga akan diberikan untuk kategori Pemain Terbaik (Rp 250 juta), Pencetak Gol Terbanyak (Rp 150 juta), Pemain Muda Terbaik (Rp 150 juta), dan wasit terbaik Rp 50 juta).

4 dari 6 halaman

3. Siaran Langsung Seluruh Pertandingan di Indosiar

Seluruh pertandingan Piala Presiden 2019 akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar, sebagai pemegang hak siar. Sebanyak 40 laga turnamen pramusim tersebut dapat disaksikan dari layar kaca.

Wakil Ketua OC Piala Presiden 2019 yang juga Direktur Indonesia, Harsiwi Achmad mengatakan, selain ditayangkan di Indosiar, pertandingan Piala Presiden 2019 dapat disaksikan streaming.

Siaran pertandingan juga tidak akan akan diacak bila disaksikan melalui antena biasa. Laman daring Vidio.com akan menyiarkan langsung secara streaming partai-partai seru Piala Presiden 2019.

5 dari 6 halaman

4. Format Final Baru

Piala Presiden 2019 akan memakai format baru, khususnya untuk laga final. Final Piala Presiden 2019 menerapkan format laga kandang-tandang.

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyebut, alasan utama diambilnya keputusan tersebut semata-mata untuk meningkatkan jumlah penonton.

"Final akan digelar dengan sistem kandang dan tandang, rencananya berlangsung pada 9 dan 12 April 2019," jelas Iwan.

6 dari 6 halaman

5. Daftar Juara

Ini merupakan penyelenggaraan keempat turnamen pramusim Piala Presiden. Sebelumnya, Piala Presiden berlangsung pada 2015, 2017, dan 2018.

Hanya penyelenggaraan pertama Piala Preisden dipegang Mahaka Sports and Entertainment. Setelahnya, penyelenggaraan Piala Presiden selalu dipegang PSSI.

Persib Bandung menjadi juara Piala Presiden edisi pertama. Disusul Arema FC, yang menjuarai Piala Presiden 2017. Persija Jakarta menahbiskan diri menjadi kampiun pada 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer