Alasan Marinus Wanewar Gunakan Nomor Tak Lazim di Timnas Indonesia U-22

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 21 Feb 2019, 07:15 WIB
Marinus Wanewar

Bola.com, Phnom Penh - Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, tampil beda pada Piala AFF U-22 2019. Pemain asal Papua itu memilih menggunakan nomor punggung yang tak lazim buat seorang penyerang, yakni 3. 

Keputusan tersebut sempat membuat penasaran. Ketika masih di Jakarta, Marinus menghindari pertanyaan akan keputusannya memilih nomor 3.

Namun, ketika berada di Kamboja, pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 itu tidak bisa mengelak. Akhirnya, Marinus mengemukakan alasan khusus mengenakan nomor yang tak lazim tersebut.

"Mengapa menggunakan nomor punggung 3? Alasannya adalah itu tanggal lahir anak saya," kata Marinus kepada wartawan di Phnom Penh, Rabu (20/2/2019).

Pada laga melawan Timnas Malaysia U-22, Marinus dipercaya turun sebagai starter. Keputusan Indra Sjafri ternyata jitu karena pemain Bhayangkara FC itu berhasil mencetak gol pembuka buat Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-52. 

Namun, Marinus tak bermain penuh pada laga tersebut. Indra Sjafri menariknya pada menit ke-83 dan digantikan dengan Dimas Drajad.

Timnas Indonesia U-22 akhirnya bermain imbang 2-2 melawan Malaysia. Hasil yang secara matematis tidak menguntungkan buat pasukan Indra Sjafri.

"Puas, akan tetapi sedikit kecewa karena pertandingan hari ini harusnya kami menang supaya lolos. Melawan Malaysia sebenarnya tidak susah, akan tetapi mereka beruntung saja dari bola-bola mati. Saya tadi ada sedikit kram, dan Amin, besok bisa bermain," ujar Marinus.

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Kamboja pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-22 2019, Jumat (22/2/2019). Laga ini wajib dimenangi untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Nikmati sajian liputan khusus Piala AFF U-22 2019 dari Kamboja di situs Bola.com dengan mengklik tautan ini.