3 Pemain Berpenampilan Terbaik saat Timnas Indonesia U-22 Imbang Melawan Malaysia

Oleh Zaidan Nazarul pada 21 Feb 2019, 08:15 WIB
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, menggiring bola saat melawan Malaysia U-22 pada laga Piala AFF U-22 2019. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-22 bermain imbang 2-2 saat bertemu Malaysia pada laga kedua di Grup B di Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019).

Hasil ini tentu disayangkan mengingat banyaknya peluang yang didapatkan Timnas Indonesia U-22. Dengan hasil ini, Tim Garuda Muda masih harus berjuang keras hingga laga terakhir kontra tuan rumah Kamboja, Jumat (22/2/2019), untuk memastikan langkah ke semifinal.

Pertandingan kontra Malaysia ini mendapat perhatian dari Mursyid Effendi. Meski duel ini berakhir imbang, mantan pemain Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya ini menilai ada tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang tampil apik di laga ini.

Siapa saja mereka? Tanpa mengesampingkan kerja kerasa pemain lain, berikut ketiga pemain yang dianggap layak mendapat apresiasi atas penampilan apiknya ketika melawan Malaysia.

1. Marinus Wanewar

Marinus Wanewar memang tidak banyak mendapat umpan-umpan matang, namun usahanya untuk mencetak gol pertama Timnas Indonesia U-22 tak lepas dari upaya kerasnya memenangi duel satu melawan satu dengan pemain belakang lawan.

Wanewar juga memiliki kecepatan serta naluri gol yang baik. Setidaknya, responsnya sangat cepat ketika bola sepakannya masih mampu diblok, Wanewar bisa kembali mendapatkannya dan mencetak gol.

Hanya pemain yang punya naluri gol tinggi yang tidak berhenti sebelum memastikan bola benar-benar gol.

Keputusan menarik keluar Wanewar memang bisa diperdebatkan, karena dengan keluarnya Wanewar, Malaysia lebih berani keluar menyerang. Tetapi, Coach Indra lebih tahu kondisi anak buahnya.

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman berharap bisa memberikan penampilan terbaik selama Piala AFF 2019 agar dipromosikan ke Timnas senior. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)
2 of 2

Witan Sulaeman dan Osvaldo Haay

2. Witan Sulaeman

Pemain jebolan Diklat Ragunan ini cukup bagus dan jeli dalam melihat peluang. Golnya ke gawang Malaysia adalah kelebihan yang tak dimiliki banyak pemain lain.

Dia juga sangat mobile dan tak kenal menyerah. Pemain ini punya mental bagus dan kemampuan di atas rata-rata. Apa yang dia miliki merupakan aset besar sepak bola Indonesia.

Witan bisa lebih maksimal seandainya memiliki tandem yang cukup bagus di depan. Pemain yang satu ini tak hanya rajin menjemput bola ke belakang dan ke samping, tetapi juga pintar mencari posisi untuk mendapatkan bola. Dia pemain cerdas.

3. Osvaldo Haay

Osvaldo memiliki kelebihan pada kecepatan dan umpan-umpan matangnya. Meski terkadang terlalu banyak bawa bola, penetrasi Osvaldo sangat dibutuhkan Tim Garuda Muda.

Di laga ini melawan Malaysia misalnya, pemain Persebaya ini berkali-kali memiliki peluang. Sayang, ini bukan laga keberuntungannya. Mungkin di kesempatan lain, Osvaldo akan menjadi bintang lapangan.

Satu di antara bukti pemain ini memiliki kualitas yang diperlukan Timnas Indonesia U-22 adalah umpan terobosan yang dia kirimkan ke Marinus Wanewar, yang akhirnya menjadi gol pertama Indonesia.

Nikmati sajian liputan khusus Piala AFF U-22 2019 dari Kamboja di situs Bola.com dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓