Sukses


Jurnalis Indonesia Peliput Piala AFF U-22 Dijamu Makan Siang di KBRI Phnom Penh

Bola.com, Phnom Penh - Tingginya animo jurnalis Indonesia yang meliput langsung Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 mendapatkan perhatian khusus dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Phnom Penh. Bola.com dan para jurnalis lain diundang menikmati jamuan makan siang oleh Duta Besar KBRI Phnom Penh, Sudirman Haseng, Kamis (21/2/2019).

KBRI Phnom Penh terletak di 1 Oknha Nhek Tioulong St. (466) atau 4 km dari tempat Bola.com menginap di Pacific Hotel. Dubes Sudirman Haseng sejak awal sudah memberikan dukungan untuk Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019. 

Pria asal Sidrap, Sulawesi Selatan, itu selalu menyempatkan menonton langsung pertandingan Timnas Indonesia U-22 di The National Olympic Stadium. Militansi jurnalis asal Indonesia mendapatkan pujian langsung dari Sudirman.

“KBRI selalu menjadi partner para wartawan untuk membangun citra Indonesia di negara setempat. Saya kira, wartawan kita jadi yang paling banyak meliput ke Kamboja untuk turnamen ini,” kata Sudirman yang disambut gelak tawa para jurnalis.

Jamuan makan siang yang berlangsung di KBRI Phnom Penh sesaat mengobati kerinduan akan Tanah Air. Maklum, sejak tiba di Kamboja (17/2/2019), biasanya para jurnalis menyantap makanan lokal yang kadang tak sesuai dengan lidah nusantara.

“Ayo dimakan. Jangan malu-malu, anggap saja seperti rumah sendiri,” ujar Sudirman.

Siang itu para jurnalis Indonesia mendapatkan kesempatan mencicipi bebek goreng, sayur cap cay, bakwan jagung, lalapan, dan berbagai macam sambal uleg. Untuk sesaat, akhirnya lidah para jurnalis bisa terobati dengan masakan nusantara di sela-sela peliputan Piala AFF U-22 2019.

2 dari 2 halaman

Marinus Wanewar dan Do'a untuk Timnas Indonesia U-22

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, punya alasan khusus penggunaan nomor punggung tak lazim. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Penampilan apik Marinus Wanewar pada laga melawan Malaysia U-22 mendapatkan perhatian dari Sudriman Haseng. Duta Besar yang sejak Oktober 2017 berdinas di Phnom Penh itu mengaku sangat kagum dengan penampilan putra daerah Papua tersebut.

Menurut Sudirman, Marinus adalah tipikal penyerang yang komplet. Memiliki postur tubuh tinggi dan kemampuan individu yang mampu merepotkan lini belakang Harimau Malaya.

"Saya punya pemain favorit cuma tidak tahu namanya. Yang kemarin ada di depan dan mencetak gol. Ya, Marinus. Saya kira dari segi fisik memang dia besar, namun tidak mengurangi fleksibelitasnya dalam mengantisipasi setiap bola," ucap Sudirman.

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Kamboja U-22 pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF U-22 2019. Sudirman berharap, pasukan Indra Sjafri mampu meraih kemenangan sehingga lolos ke babak selanjutnya.

"Secara umum permainan Timnas Indonesia U-22 bagus. Hanya masalah keberuntungan sebenarnya, akan tetapi yang namanya bola itu bundar semoga bisa menang melawan tim tuan rumah," harap Sudirman.

Video Populer

Foto Populer