Sukses


3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 saat Menghadapi Vietnam

Bola.com, Jakarta - Ujian yang sesungguhnya akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Vietnam pada Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Komposisi terbaik wajib disiapkan oleh Indra Sjafri jika Tim Garuda Muda ingin melangkah ke partai final.

Sejauh ini Timnas Indonesia U-22 sudah memainkan tiga laga di Piala AFF U-22 2019. Dua hasil imbang ketika menghadapi Myanmar dan Malaysia, kemudian menang 2-0 atas Kamboja di laga pamungkas Grup B. 

Indra Sjafri sudah melakukan beberapa rotasi pemain, baik sejak awal pertandingan maupun di tengah permainan. Komposisi terbaik dengan pemain yang siap tampil menjadi pilihan Indra Sjafri agar Tim Garuda Muda selalu tampil maksimal.

Namun, pertandingan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019 merupakan momentum yang harus disiapkan Timnas Indonesia U-22 dengan sangat baik. Vietnam adalah tim yang kini sangat disegani, tak hanya di level Asia Tenggara, tetapi juga di Asia.

Pertemuan kontra Vietnam ini tak hanya menjadi tantangan yang harus dihadapi untuk melangkah ke final Piala AFF U-22 2019.

Pertandingan ini juga menjadi uji coba sangat bagus bagi tim asuhan Indra Sjafri yang akan kembali menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Vietnam menjadi tuan rumah untuk grup yang terdiri atas Indonesia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Indra Sjafri dipastikan akan mempersiapkan pemain-pemain terbaik Garuda Muda untuk pertandingan kali ini. Bola.com memilih tiga pemain yang bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 di pertandingan menghadapi Vietnam.

2 dari 4 halaman

Marinus Wanewar

Striker Timnas Indonesia U-22 yang musim lalu berseragam Bhayangkara FC ini sudah mengemas tiga gol di fase grup Piala AFF U-22 2019. Bahkan dua gol yang dicetaknya ke gawang Kamboja dalam laga terakhir Grup B memastikan Tim Garuda Muda melangkah ke semifinal.

Satu gol lain dicetak oleh Marinus Wanewar ketika Timnas Indonesia U-22 bermain 2-2 dengan Malaysia di pertandingan kedua Grup B. Tak hanya berstatus sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di skuat Garuda Muda kali ini, Marinus Wanewar juga berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Namun, Marinus tak sendirian di puncak daftar tersebut. Striker Vietnam, Tran Danh Trung, juga sudah mengemas tiga gol. Otomatis pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Vietnam di semifinal ini menjadi ajang pembuktian ketajaman dari kedua striker itu.

Posisi dalam daftar pencetak gol terbanyak juga menjadikannya termotivasi untuk kembali mencetak gol di pertandingan semifinal. Agresivitas dan nalurinya ketika berada di kotak penalti lawan tak perlu diragukan, hanya tinggal dibuktikan kembali saat menghadapi Vietnam.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Pemain yang mampu bermain di sejumlah posisi ini juga bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 ketika menghadapi Vietnam. Pergerakan yang dinamis di sejumlah area membuat Witan Sulaeman akan menjadi momok bagi pertahanan tim lawan.

Witan mampu bermain bagus sebagai gelandang serang. Namun, stamina dan kecepatan kerap membuatnya juga mampu tampil cemerlang ketika bermain di sisi sayap penyerangan.

Bahkan dalam kemenangan 2-0 yang diraih oleh Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Kamboja, gol pertama Marinus Wanewar berawal dari pergerakan tanpa menyerah yang dilakukan Witan.

Pemain muda yang senang mengumbar senyum itu mematahkan pergerakan bek kiri Kamboja yang bermaksud menghalau bola. Dengan keseimbangan yang bagus, Witan melepaskan umpan kepada Marinus yang akhirnya berbuah gol pertama bagi Tim Garuda Muda.

4 dari 4 halaman

Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

Pergerakan luar biasa lini tengah Timnas Indonesia U-22 merupakan hasil kreasi dari pemain yang satu ini. Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, pemain yang mampu menjaga keseimbangan bertahan dan menyerang Tim Garuda Muda.

Luthfi merupakan orang pertama yang akan menghalau serangan-serangan Vietnam sebelum pemain lawan merangsek masuk ke lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Kemampuannya untuk membantu lini pertahanan tak perlu diragukan lagi.

Luthfi juga kerap menjadi penyokong serangan Tim Garuda Muda dengan berbagai cara. Umpan terobosan dari tengah lapangan ke kedua sisi sayap maupun ke jantung pertahanan lawan merupakan satu dari beberapa keahliannya.

Kemampuan set-piece, baik dari sepak pojok maupun dari tendangan bebas kerap menjadi awal dari terciptanya peluang-peluang yang didapatkan oleh Timnas Indonesia U-22.

Video Populer

Foto Populer