3 Rekor yang Dipecahkan Amido Balde bersama Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 24 Feb 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 15:45 WIB
Persebaya Surabaya, Amido Balde
Ekspresi striker Persebaya Surabaya, Amido Balde, setelah membobol jala Persidago Gorontalo pada leg kedua 16 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/3/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Amido Balde langsung menjadi pusat perhatian publik sepak bola Indonesia begitu menjalani musim perdananya bersama Persebaya. Striker berpaspor Guinea-Bissau itu tercatat telah mencetak 10 gol dari tiga penampilannya di Piala Indonesia 2018. 

Paling gres, dia mencetak quattrick ke gawang Persidago Gorontalo dalam leg kedua babak 16 besar. Persebaya sukses menang 7-0 atas klub Liga 3 itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (23/2/2019). 

Sebelum gabung Persebaya, rekor gol striker berusia 27 tahun itu masih meragukan. Amido pernah menjuarai Liga Skotlandia bersama Celtic, namun hanya mampu membukukan tiga gol dari 20 laga. 

Dia juga pernah jadi runner-up di Piala Dunia U-20 2011, tapi hanya mampu membukukan satu penampilan tanpa mencetak gol. Itu pun dia hanya tampil sebagai pengganti dan memcatatkan hanya tujuh menit bermain.

Demikian halnya dengan catatan saat dia bergabung dengan delapan klub lainnya di berbagai negara di Eropa dan Afrika. Paling banyak, dia mencetak 9 gol dalam semusim. Itu dilakukannya bersama Vitoria Guimaraes, klub Portugal, pada musim 2012-2013. 

Meski sudah menyumbang dua digit gol hanya dalam tiga laga, masih banyak yang meragukan kualitas Amido. Penyebabnya, semua tim yang berhasil dibobolnya berstatus sebagai kontestan kasta ketiga. 

Amido masih belum benar-benar terbukti bisa menjadi andalan Persebaya di kasta tertinggi. Namun, raihan 10 golnya itu sudah langsung mencatatkan rekor baru buatnya. Berikut ulasan yang dibuat oleh Bola.com:

2 dari 4 halaman

Top Scorer Piala Indonesia 2018

Amido Balde (Persebaya Surabaya)
Amido Balde, striker Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Torehan 10 gol membuat Amido Balde langsung naik ke puncak daftar pencetak gol sementara Piala Indonesia 2018. Dia berhasil menyalip Zulham Zamrun (PSM Makassar) yang sebelumnya menduduki posisi itu dengan raihan tujuh gol. 

Bahkan, Amido juga berhasil menyalip raihan dua striker lain yang sudah berpengalaman di Indonesia. Mereka adalah Herman Dzumafo (6 gol/Bhayangkara FC), dan Marko Simic (5 gol/Persija Jakarta). 

Peluang Amido untuk menyabet gelar ini di akhir musim nanti sangat besar mengingat Persebaya telah lolos ke babak 8 besar Piala Indonesia 2018. Dia kini juga menjadi penantang serius sebagai striker haus gol baik di Piala Presiden 2019 maupun Liga 1 2019.

3 dari 4 halaman

Melebihi Rekor Pribadi di Klub

Amido Balde dan Manuchekhr Dzhalilov
Pemain asing Persebaya musim 2019, Amido Balde dan Manuchekhr Dzhalilov. (Bola.com/Aditya Wany)

Meski baru berusia 27 tahun, Amido Balde rupanya memiliki catatan berpindah-pindah klub. Sebelum bergabung Persebaya, dia telah membela sebanyak 14 klub dari berbagai negara sejak karier profesionalnya dimulai pada 2010. 

Dari jumlah itu, Balde telah melalang buana di 9 negara yang berbeda. Di antaranya adalah Portugal, Spanyol, Belgia, Skotlandia, Israel, Prancis, Angola, Albania, dan Libya. Catatan terbaiknya tentu saja bersama Celtic saat menjuarai Premiership.

Nah, dengan begitu banyak klub yang pernah dibelanya, Amido rupanya tak pernah mampu mencetak hingga dua digit gol untuk setiap klub tersebut. Rekor gol paling banyak yang pernah dicatatkan lahir saat membela klub Portugal Vitora Guimaraes dengan mencetak 9 gol. 

Kini, Amido berhasil memecahkan rekornya sendiri dalam mencetak gol untuk klub yang dibelanya, saat ini bersama Persebaya. Hebatnya, 10 gol yang dibukukannya itu tercipta hanya dalam tiga pertandingan saja.

4 dari 4 halaman

2 Kali Quattrick

Amido Balde (Persebaya Surabaya)
Striker asing Persebaya, Amido Balde. (Bola.com/Aditya Wany)

 

Ada berbagai kemungkinan bagi setiap pemain sepak bola jika berhasil mencetak 10 gol dari tiga pertandingan. Mencetak dua kali hattrick dan sekali quatrick, dua kali brace plus enam gol, atau bahkan langsung 8 gol dalam sebuah laga dan dua sisanya masing-masing satu. 

Amido Balde tidak melakukannya dengan contoh kemungkinan itu. Dia tercatat mencetak dua kali quattrick dan sekali brace untuk mengumpulkan 10 gol. Masing-masing gelontoran empat golnya tercipta ke gawang Persinga Ngawi dan Persidago Gorontalo. 

Catatan dua kali quattrick ini menjadi rekor baru buat pemain di Piala Indonesia 2018. Sebelumnya, terdapat David da Silva yang berhasil mencetak sekali quattrick. David juga saat itu membela Persebaya yang menang 14-0 atas PSBI Blitar.

Lanjutkan Membaca ↓