Djanur Merelakan 3 Pemain Belakang Persebaya ke Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 24 Feb 2019, 16:30 WIB
Hansamu Yama Pranata (Persebaya Surabaya)

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, dipusingkan dengan pemanggilan pemain ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Tiga pemain Persebaya, yaitu Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi akan mengkuti TC Tim Garuda pada 6-21 Maret 2019.

Masalahnya, tiga pemain itu berposisi di lini belakang. Hansamu dan Dutra adalah duet jantung pertahanan andalan Persebaya. Sedangkan Ruben merupakan bek kiri sekaligus kapten tim berjulukan Bajul Ijo itu.

Di sisi lain, Persebaya akan memulai kiprah di Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar, mulai 2 Maret 2019. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu menyebutkan kabar ini kurang menguntungkan buat tim asuhannya yang akan menghadapi sebuah turnamen.

"Ini hal yang tidak menguntungkan. Tiga pemain lini belakang kami dipanggil dan semuanya merupakan tim utama. Kalau per lini satu tidak masalah. Ini sedikit membingungkan buat saya," kata Djanur.

Dengan situasi itu, Persebaya hanya akan memiliki lima pemain saja di lini belakang. Mereka adalah Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Abu Rizal Maulana, Novan Setya Sasongko, dan Rachmat Irianto.

Meski dipusingkan dengan pemanggilan itu, Djanur tidak akan menghalangi pemain tersebut untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Dia akan berusaha memutar otak dan menemukan solusi kekurangan itu.

"Saya tidak ingin menghalangi mereka. Pasti akan menjadi kebangaaan buat mereka bisa membela Timnas Indonesia. Demi negara, ini juga kebangaaan buat Persebaya," imbuh mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu.

Persebaya akan mengawali kiprah di Piala Presiden 2019 dengan berjumpa Perseru Serui di Grup A. Selain Perseru, klub yang berdiri pada 1927 itu juga akan menghadapi tuan rumah Persib Bandung dan PS Tira Persikabo.