Presiden Jokowi Kirim Ucapan Selamat untuk Timnas Indonesia U-22

Oleh Aning Jati pada 27 Feb 2019, 01:15 WIB
Diperbarui 27 Feb 2019, 01:15 WIB
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Bola.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ikut bangga dan senang dengan prestasi yang diukir Timnas Indonesia U-22 dengan menjuarai Piala AFF U-22 2019.

Beberapa jam berselang setelah Timnas Indonesia U-22 merebut mahkota juara Piala AFF U-22 2019, Presiden Jokowi, melalui akun media sosial resminya, mengunggah ucapan selamat dan kebanggaannya untuk Tim Garuda Muda.

Presiden Jokowi menekankan pada keberagaman yang bisa menyatu dalam Timnas Indonesia U-22 sehingga bisa melahirkan prestasi yang membanggakan bangsa di mata internasional.

"Indonesia tampil sebagai juara Piala AFF U-22 2019 dalam laga ketat di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja. Pada partai final malam ini, Tim Nasional Sepakbola U-22 Indonesia menaklukkan juara bertahan Thailand dengan skor 2-1. Luar biasa," demikian pernyataan Presiden Jokowi, Rabu dini hari (27/2/2019). 

"Kemenangan ini juga menjadi pengejawantahan Bhinneka Tunggal Ika yang sebenar-benarnya, karena para pemain Timnas U-22 Indonesia berasal dari berbagai daerah, suku, dan agama. Di lapangan, perbedaan itu menjelma menjadi harmoni dan kekuatan yang menghasilkan gelar juara," lanjut Presiden Jokowi.

"Saya berharap berharap kemenangan ini menjadi awal bagi kebangkitan dan kemajuan sepak bola Indonesia."

"Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Timnas U-22 Indonesia!" ucap Presiden Jokowi.

Di luar sisi teknik, keberagaman yang dibingkai semangat persatuan itu memang terlihat jelas di lapangan. Seusai memastikan gelar juara, Osvaldo Haay dan Todd Rivaldo Ferre terlihat berlutut dan berdoa, sedangkan rekan-rekan satu timnya yang lain bersujud, juga memanjatkan doa syukur.

Gol Osvaldo Haay pada menit ke-64 jadi penentu kemenangan pada laga itu, yang berujung gelar juara buat Timnas Indonesia U-22. Sebelumnya, pada menit ke-58, Sani Rizki menyamakan skor jadi 1-1 setelah Saringkan Promsupa menjebol gawang Awan Setho menit ke-57.

Dengan begitu, Thailand gagal mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23 yang mereka rebut pada 2005, lantaran setelah vakum 13 tahun lamanya, gelar turnamen yang kini jadi level U-22 itu jadi milik Timnas Indonesia U-22.