Sukses


Menerka Susunan Pemain Persebaya di Piala Presiden 2019

Bola.com, Surabaya - Persebaya digadang-gadang bakal menjadi kekuatan baru seiring bergabungnya beberapa pemain anyar. Dari 24 pemain, sembilan di antaranya merupakan rekrutan baru termasuk pemain asing.

Selama musim 2019, klub berjulukan Bajul Ijo itu baru menjalani tiga pertandingan Piala Indonesia 2018. Semua pertandingan itu dilakoni saat sudah mendatangkan pemain baru. Klub berjulukan itu selalu menang besar 8-0, 4-1, dan 7-0.

Tetapi, perlu dicatat lawan mereka hanya klub Liga 3, Persinga Ngawi dan Persidago Gorontalo. Mereka akan mengadapi lawan yang berbeda di Piala Presiden 2019. Tergabung di Grup A, Persebaya akan berjumpa sesama klub Liga 1, Persib Bandung, Tira Persikabo, dan Perseru Serui.

Dalam tiga pertandingan Piala Indonesia 2018, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, selalu menurun starting eleven yang berbeda.

Dimulai dengan kedatangan Amido Balde (Guinea-Bissau) dan Manuchehr Jalilov (Tajikistan), pelatih yang akrab disapa Djanur itu mencoba bereksperimen.

Djanur tidak meninggalkan formasi 4-3-3 andalannya. Dia memutuskan menurunkan langsung beberapa pemain baru berkolaborasi dengan pemain lama.

Kiper Miswar Saputra sudah jelas menjadi andalan di bawah mistar. Lalu, lini belakang dikawal Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, dan Ruben Sanadi.

Trio gelandang Persebaya diisi Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, dan Manuchehr Jalilov. Sedangkan trisula lini depan dihuni Oktafianus Fernando, Amido Balde, dan Irfan Jaya.

 

2 dari 3 halaman

Lini Tengah dan Depan

 

Saat leg pertama babak 16 besar kontra Persidago, susunan itu berubah karena sejumlah pemain absen, meski tak banyak. Dutra harus mengurus administrasi, belakangan diketahui dia sedang dalam proses naturalisasi. Sedangkan Ruben mengalami cedera.

Posisi Ruben kemudian diisi Novan yang tadinya bek kanan menjadi bek kiri. Abu Rizal Maulana masuk sebagai pengganti di bek kanan. Berikutnya, Mokhamad Syaifuddin yang menggantikan Dutra berduet dengan Hansamu.

Lini tengah dan depan juga berubah. Jalilov dipasang sebagai pemain sayap seiring absennya Irfan Jaya menemani sang istri melahirkan. Untuk menggantikannya di posisi gelandang, Alwi Slamat masuk starter. Pada laga ini, dua pemain itu kerap bertukar posisi.

Gelandang asal Bolivia, Damian Lizio, kemudian datang dan dikenalkan sebagai pemain baru. Pemain berusia 29 tahun itu langsung menjadi starter di laga debutnya di Persebaya. Dia menggantikan Fandi Eko Utomo yang cedera dalam leg kedua kontra Persidago.

Lalu, Elisa Basna mengisi posisi yang ditinggal Irfan Jaya. Sedangkan Abdul Rohim dijajal mengawal gawang menggantikan Miswar Saputra. Sisanya, susunan pemain sama saat melawan Persinga Ngawi.

Susunan terakhir saat menang 7-0 atas Persidago (23/2/2019) itu diprediksi akan menjadi andalan Djanur di Liga 1. Itu merupakan komposisi yang pas dan maksimal dalam menurunkan pemain yang dimilikinya.

Meski demikian, sejumlah pemain tetap dicoba Djanur sebagai pengganti, seperti Nelson Alom yang akhirnya kembali bermain setelah delapan bulan lebih absen akibat cedera. Dia kembali menempati posisi gelandang bertahan.

Belum lagi, Jalilov yang dikenal sebagai pemain serba bisa juga pernah dijajal sebagai striker. Selain gelandang serang juga, mantan pemain Sriwijaya ini juga bisa dimainkan sebagai penyerang sayap. 

3 dari 3 halaman

Susunan Starting Eleven Persebaya

Vs Persinga (16/2/2019)

(4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Manuchehr Jalilov (tengah); Oktafianus Fernando, Amido Balde, Irfan Jaya (depan)

Vs Persidago, Leg Pertama (19/2/2019)

(4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Hansamu Yama, Novan Setya Sasongko (belakang); Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Alwi Slamat (tengah); Oktafianus Fernando, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan)

Vs Persidago, Leg Kedua (23/2/2019)

(4-3-3): Abdul Rohim (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Damian Lizio, Manuchehr Jalilov (tengah); Oktafianus Fernando, Amido Balde, Elisa Basna (depan)

Video Populer

Foto Populer