Sukses


PSSI Serahkan Nasib Pemain Persija dan PSM di Timnas Indonesia pada 3 Pelatih Terkait

Bola.com, Jakarta - Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyerahkan persoalan pemain-pemain Persija Jakarta dan PSM Makassar yang mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia kepada ketiga pelatih terkait, yaitu Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev sebagai pelatih Persija Jakarta, dan pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Persoalan keberatan Persija melepas tiga pemain ke Timnas Indonesia lantaran harus menjalani jadwal padat, tak hanya di Piala Presiden 2019, tetapi juga di Piala AFC 2019, masih berembus. Pembicaraan antara pelatih Timnas Indonesia dan pelatih klub diharapkan bisa menjadi solusi.

Ratu Tisha memaklumi adanya keberatan dari klub, terutama dari Persija dan PSM yang tampil di Piala AFC 2019, untuk melepaskan pemain mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Australia dan Bali pada 6 hingga 21 Maret 2019.

Ratu Tisha menegaskan kepentingan Timnas Indonesia harus selalu yang diutamakan. Namun, ia juga memahami Persija dan PSM saat ini sedang mewakili Indonesia di level Asia.

"Tentu harus ada win-win solution dalam hal pelepasan pemain. Posisinya, kami membutuhkan best eleven yang bisa fit saat berlaga di pertandingan ui coba internasional menghadapi Myanmar pada 25 Maret, mengingat itu penting untuk pra-kualifikasi Piala Dunia bagi Indonesia," ujar Ratu Tisha saat ditemui di Hotel Sultan, Kamis sore (28/2/2019).

"Selain itu kepentingan untuk Persija dan PSM berlaga di Piala AFC juga sangat berharga karena itu mewakili Indonesia. Kami akan melihat seperti apa komprominya. Mungkin untuk Persija, tidak bisa ketiga pemain dilepas, mungkin hanya satu atau dua pemain. Namun, harus menimbang juga kepentingan Timnas Indonesia karena di Australia juga akan menghadapi Perth Glory, tim yang bagus di sana, di mana itu menjadi tolok ukur sebelum ke Myanmar," tuturnya.

"Kami akan lihat seperti apa. Kira-kira akan seperti apa kompromi dari pelatih. Intinya, sekarang biarkan secara teknik mereka berembuk. PSSI ingin serius memastikan sinkronisasi antara pelatih Timnas Indonesia dan pelatih klub. Oleh karena itu, kami sempat menggelar pertemuan antara pelatih klub dan Timnas Indonesia. Jadi, mereka yang akan mengambil keputusan dan akan kami jalankan," lanjutnya.

Dari 27 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Australia dan Bali, Persija harus melepas tiga pemain, yaitu Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, dan Riko Simanjuntak. Sementara PSM harus melepaskan Rizky Pellu dan Muhammad Rahmat.

Video Populer

Foto Populer