Cerita di Balik Tato-tato yang Penuhi Tubuh Arthur Cunha

Oleh Iwan Setiawan pada 01 Mar 2019, 09:15 WIB
Diperbarui 03 Mar 2019, 01:16 WIB
Arthur Cunha da Rocha, Arema FC

Bola.com, Jakarta Arthur Cunha da Rocha jadi salah satu pemain Arema FC yang punya banyak tato di tubuhnya. Tangan, leher hingga kakinya sudah dihiasi tato berbagai motif. Arthur bahkan tidak ingat berapa gambar yang sudah dibuat menempel permanen di tubuhnya.

“Saya tidak ingat jumlahnya berapa sekarang. Saya mulai usai 17 tahun pertama kali buat tato di Brasil,” kenang Arthur Cunha, Kamis (28/2/2019). 

Dia awalnya ingin membuat tato karena ikut-ikutan saja, alias hal lumrah di negara asalnya, Brasil. Seiring berjalannya waktu, kini dua lengannya sudah penuh dengan tato. Tidak ada tempat lagi untuk membuat gambar baru.

“Sebenarnya saya tidak merencanakan ingin buat sebuah gambar atau tulisan untuk tato. Kadang tiba-tiba muncul sebuah keinginan untuk buat tato baru. Tapi sekarang sementara belum ada lagi,” kata bek berusia 29 tahun yang sempat trial di Manchester United tersebut.

Arthur menyukai tato seperti motif khas negaranya. Semua tatonya hanya menggunakan tinta hitam, tidak ada warna lain. Padahal biasanya beberapa menggunakan tato dengan pilihan warna yang lebih banyak. “Kalau saya hanya suka warna hitam saja. Mungkin selera saja. Saya tidak suka yang ada warna lain,” imbuhnya.

Saat ditanya tato mana yang paling spesial, Arthur tidak menyebut salah satu. Dia menyukai semua gambar yang sudah tertempel di badan. Perlu diketahui, saat baru bermain di Indonesia pada musim 2015. Tatonya tak sebanyak ini. 

Tangannya hanya separuh yang bertato. Tapi kini sudah penuh tato hingga bagian pundak. Di lehernya juga ada sebuah tulisan dengan bahasa negaranya. Tato itu membuat tampilan Arthur memang lebih garang.  “Tapi saya tidak suka tato di bagian tubuh dalam (dada atau punggung),” papar Arthur Cunha.