Rachmat Irianto Ungkap Tangisan Asnawi Mangkualam di Final Piala AFF U-22 2019

Oleh Zaidan Nazarul pada 02 Mar 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 02 Mar 2019, 18:15 WIB
Rachmat Irianto

Bola.com, Surabaya - Ada momentum tak terlupakan di final Piala AFF U-22 2019 yang membuat Rachmat Irianto sampai sekarang sering tertawa. Ia mengingat rekan setimnya di Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam.

Asnawi sempat menangis lima menit sebelum Timnas Indonesia U-22 memastikan kemenangan 2-1 atas Thailand U-22.

Meski awalnya sempat kaget melihat rekannya itu menangis, namun setelah bertanya pada Asnawi mengenai alasannya menangis, Rachmat langsung tertawa tertawa.

“Jawabannya lucu, dia bilang ingin menangis karena Indonesia akhirnya bisa juara, padahal pertandingan belum berakhir,” cerita Rachmat sembari terkekeh.

Menurutnya, tangis Asnawi itu sangat konyol, karena seharusnya tangis haru itu baru keluar kalau sudah pasti juara. Bagi Rachmat kejadian itu sangat menggelikan, maka itu ia sering menertawakan Asnawi seusai pertandingan hingga perjalanan pulang dari Kamboja ke Indonesia.

“Saya sampai sekarang masih geli kalau ingat itu. Bukan karena tak menghargai rasa haru Asnawi, tapi momentum dia nangis yang tidak tepat itulah yang bikin saya selalu ingin tertawa kalau ingat,” katanya lagi-lagi dengan diiringi tawa.

Rachmat sendiri mengaku bangga dengan Asnawi maupun rekan setimnya yang lain. Pasalnya, semangat besar yang diusung rekan setimnya selama tampil di Piala AFF U-22 sangat berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya, lebih-lebih ketika sebelum bertarung di final.

“Ada aura yang berbeda di ruang ganti. Sangat terlihat optimisme yang sangat tinggi saat itu. Semua pemain jadi punya keyakinan juara. Dan Alhamdulillah akhirnya kami bisa juara berkat rezeki yang diberikan Allah,” ujar Rachmat.