Sukses


Prediksi PSM Vs Kalteng Putra: Juku Eja Tak Ingin Malu

Bola.com, Magelang - Fokus PSM Makassar sementara beralih dari Piala AFC ke Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar. Pelatih Juku Eja, Darije Kalezic, melempar sinyal bakal menurunkan materi terbaik saat meladeni Kalteng Putra pada laga perdana Grup C Piala Presiden2019  di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Rabu (6/3/2019).

Padahal, mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini sempat menyebut lebih menfokuskan konsentrasi skuatnya ke Piala AFC 2019. Tetapi, dengan membawa Wiljan Pluim pada sesi jumpa media, Selasa (5/3/2019), jadi indikator sang kapten pasti dimainkan sejak awal.

"Kami akan tampil dengan kemampuan terbaik sesuai standar PSM," tegas Darije.

Darije tentu tak ingin Juku Eja dipermalukan Kalteng Putra. Apalagi, pelatih asal Bosnia ini menilai Kalteng Putra sebagai tim yang kuat.

"Saya sudah melihat cara mereka bermain. Secara tim penampilan Kalteng Putra bagus. Stamina dan fisik pemain pun baik," kata Kalezic.

Alasan itulah yang membuat PSM kemungkinan besar tampil dengan starter terbaik. "Saya masih menunggu perkembangan terakhir Eero Markkanen yang masih bermasalah pada otot kakinya. Tapi, secara keseluruhan tim dalam dalam kondisi baik," lanjut Darije.

Kalau pun Markkanen absen, Darije masih memiliki Ferdinand Sinaga dan Guy Junior yang menjadi pencetak gol terbanyak PSM di Liga 1 2018. PSM pun bisa memainkan Bayu Gatra untuk mengganti peran M. Rahmat.

Begitu pula di lini tengah, Wiljan Pluim tetap ditopang Marc Klok sebagai dinamo Juku Eja. Sementara M.Arfan dan Rasyid Bakri bersaing untuk menjadi starter pengganti Rizky Pellu.

Tampil dengan materi starter menghadapi Kalteng Putra juga tidak berpengaruh banyak pada recovery pemain sebelum kembali tampil di Piala AFC lantaran PSM baru akan menjamu Lao Toyota (Laos) di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3/2019). Kendala recovery pemain baru ditujukan saat PSM ditantang Persipura pada laga kedua Grup C (10/3/2019).

2 dari 3 halaman

Belajar dari Kekalahan

Kalteng Putra optimistis bisa membalas dua kekalahan (1-2 dan 0-1) dari PSM pada Piala Indonesia 2018. Pelatih Gomes de Oliviera mengungkapkan ia sudah memiliki cara untuk meredam kekuatan PSM.

"Kami belajar banyak dari kekalahan itu. Sekarang tim lebih solid dan tentu penampilan kami bakal berbeda," ujar Gomes.

Menurut Gomes, dengan pemusatan latihan di Yogyakarta, kebersamaan tim mulai terjalin.

"Kebersamaan adalah bagian terpenting dalam sebuah tim. Fisik, teknik, mental dan taktik pemain pun kian membaik. "Saya juga ingin menjadikan Piala Presiden sebagai ajang untuk mengukur kekuatan tim selevel," imbuh Gomes.

Gomes yakin anak asuhnya bisa berbicara banyak di Piala Presiden 2019. "Setelah Piala Presiden 2019, saya akan melakukan penambahan pemain untuk menghadapi Liga 1 2019," ucap Gomes.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit: Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat;Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Bayu Gatra

Pelatih: Darije Kalezic

Kalteng Putra (3-4-3): Dimas Galih (K); Indra Permana, OK John, Wasyiat Hasbullah (B); Yoo Hyun-koo, Gede Sukadana, Michael Rumere, Rizky Dwi (T); Antoni Putro, Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol (D)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Video Populer

Foto Populer