Sukses


Gavin Jadi Striker Bikin Barito Putera Menjaga Kans Lolos ke 8 Besar Piala Presiden 2019

Bola.com, Malang - Barito Putera menjaga asa melaju ke fase 8 besar Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar. Dalam matchday kedua Grup E di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (9/3/2019), tim berjulukan Laskar Antasari itu berhasil menaklukkan Persita Tangerang 3-1.

Kemenangan ini jadi pengganti poin yang hilang setelah kalah di pertandingan pertama melawan Arema (4/3/2019).

Tiga poin yang dimiliki bisa membuat Barito Putera melaju jadi runner-up terbaik atau juara Grup E. Dengan catatan, mereka harus menang di laga terakhir melawan Persela Lamongan (13/3/2019).

Kemenangan Barito atas Persita tak lepas dari keberhasilan rotasi yang dilakukan pelatih Jacksen Tiago. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Samsul Arif ke TC Timnas Indonesia, dengan menurunkan Gavin Kwan Adsit.

Padahal, pemain blasteran ini lebih banyak bermain sebagai sayap atau bek kanan. Tetapi, saat main jadi striker murni sore tadi, dia menyumbangkan dua gol. Sedangkan satu gol lain disumbangkan obek asing, Artur Jesus Viera.

"Sebenarnya bukan eksperimen menempatkan Gavin sebagai striker karena dua tahun lalu posisinya memang striker. Tapi, musim kemarin di Timnas Indonesia dia lebih banyak bermain di posisi lain. Namun, saya tahu kualitasnya sebagai striker. Inilah sepak bola, kadang berhasil dengan rotasi pemain, tapi kadang tidak," kata Jacksen.

Saat melawan Persita, sebenarnya Barito sempat kehilangan penguasaan bola di lapangan, terutama pada babak kedua, sehingga gawang Yoo Jae-hoon dijebol Chandra Waskito menit ke-76. Padahal, tim yang dihadapi levelnya Liga 2. Tetapi, setelah kebobolan, mereka bisa mengambil kembali kendali permainan.

"Saya juga tidak mengerti pemain sempat kehilangan kendali permainan. Padahal di ruang ganti sudah kami instruksikan untuk menjaga tempo. Saya simpulkan, mungkin pemain kelelahan karena jarak pertandingan dekat sehingga tenaga mereka terkuras," jelas mantan pelatih Persipura Jayapura ini.

Namun, kekurangan itu masih ditoleransi Jacksen karena ini masih awal musim. Jadi, fisik pemainnya juga belum dalam puncak performa. Namun saat Liga 1 bergulir, dia punya target kondisi pemain Barito Putera sudah sempurna sehingga kekurangan di Piala Presiden 2019 tidak terulang lagi. 

Video Populer

Foto Populer