Sukses


Prediksi Tira Persikabo Vs Persebaya: Berebut Juara Grup

Bola.com, Bandung - Pertemuan antara Tira Persikabo kontra Persebaya Surabaya awalnya diprediksi menjadi pertarungan beda kelas. Tira Persikabo yang musim lalu bernama PS Tira berjuang menghindari degradasi, sedangkan Persebaya finis peringkat kelima di Liga 1 2018. 

Kini, keduanya malah memperebutkan status sebagai juara Grup A Piala Presiden 2019 karena sama-sama mengoleksi 6 poin. Pemenang laga di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (12/3/2019) itu bakal menjadi tuan rumah di babak perempat final. 

Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman sudah menegaskan sejak awal ingin meraih kemenangan di laga ini. Hasil imbang saja sudah cukup membuat Persebaya keluar sebagai juara Grup A karena unggul agresivitas gol. 

“Kami ingin menang supaya juara grup. Target kami bukan imbang, dalam pertandingan apapun saya ingin tim ini menang. Seperti yang sudah saya sampaikan, kalau juara grup kami akan menjadi tuan rumah dan bermain di Surabaya,” ucap pria yang akrab disapa Djanur itu. 

Tapi, langkah untuk meraih kemenangan itu tidak mudah. Persebaya telah ditinggal oleh enam pemain dengan beragam alasan. Di antaranya adalah Nelson Alom, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, Rachmat Irianto, dan Osvaldo Haay. 

Situasi ini memaksa Djanur memaksimalkan empat pemain belakang yang tersisa untuk menahan serangan Tira Persikabo nanti. Dia sudah menyiapkan starting eleven yang sesuai untuk menghadapi klub berjulukan The Army itu.

Djanur punya kenangan pahit berjumpa dengan calon lawannya itu saat masih bernama PS Tira musim lalu. Pada laga debutnya sebagai pelatih Persebaya, pelatih berusia 54 tahun itu takluk 0-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/9/2018). 

“Saya sudah melupakan itu. Artinya tidak ada kata balas dendam. yang pasti kami ingin mengalahkan mereka dan menjadi juara grup,” imbuh Djanur.

 

2 dari 3 halaman

Waspadai Rekam Jejak

Mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS itu justru mewaspadai jejak rekam pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. Selama ini, pria yang akrab disapa RD itu dikenal sebagai pelatih sarat prestasi di berbagai tim.

“Beliau sudah berpengalaman dan melatih di mana-mana. Itu menjadi kekuatan Tira,” ucap Djanur.

Di sisi lain, RD menyebutkan kehilangan Hansamu Yama dkk. tidak membuat Persebaya kekurangan kekuatan. Tetap akan ada pemain pengganti yang siap bermain untuk klub berjulukan Bajul Ijo itu. 

“Kalau mereka tidak main, Persebaya punya pemain yang sudah disiapkan sedemikian rupa. Ada juga Syaifuddin di posisi itu,” ujar RD. 

RD menyebutkan bahwa dirinya merupakan sahabat dekat Djanur. Keduanya tercatat pernah bekerja sama dalam jajaran pelatih Pelita Jaya pada 2011-2012. Di luar itu profesionalitas menjadi yang utama. 

Dalam laga ini, RD bisa dibilang mengetahui kekuatan utama Persebaya. Sebab, beberapa pemain Persebaya pernah di bawah arahannya. Seperti Novan Sasongko dan Manuchehr Jalilov yang pernah sama-sama di Sriwijaya FC musim lalu.

Belum lagi ada Fandi Eko Utomo dan Mokhamad Syaifuddin. Kedua pemain ini pernah menjadi anak asuh RD di Timnas Indonesia U-23 saat tampil dalam SEA Games 2013 di Myanmar. 

“Buat saya itu biasa. Kami sangat respek dengan Jalilov dan Novan yang pernah menjadi bagian tim saya,” kat RD. 

Pada laga ini, Tira Persikabo kehilangan empat pemain yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Manahati Lestusen bergabung Timnas senior, sedangkan tiga sisanya yaitu Andy Setyo, Dimas Drajad, dan Feby Eka Putra bersama Timnas Indonesia U-22.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-4-2): Angga Saputra (kiper); Vava Mario, Herwin Tri Saputra, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestalulu (belakang); Guntur Triaji, Parfait Essengue, Wawan Febrianto, Rezki Ikhwan (tengah); Loris Arnaud, Ciro Henrique (depan). 

Pelatih: Rahmad Darmawan 

Persebaya (4-3-3): Imam Arief Fadillah (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Novan Sasongko (belakang); Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, Damian Lizio (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan). 

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer