Sukses


Jelang Hadapi Tira Persikabo, Pemain Persebaya Jalani Kelas Psikologi

Bola.com, Bandung - Para pemain Persebaya Surabaya memiliki agenda di luar lapangan jelang duel kontra Tira Persikabo. Laga terakhir Grup A Piala Presiden 2019 itu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (12/3/2019).

Demi menatap laga itu, Misbakus Solikin dkk. menjalani kelas psikologi di Mercure City Center, Bandung, Senin malam (11/3/2019). Mereka bertemu untuk membicarakan pertandingan penting Grup A tersebut.

"Pendekatan psikologis yang digunakan Persebaya bukan pendekatan kasuistik, bukan persoalan yang baru kemudian ditangani. Pendekatan kami sport science dengan psikologi masuk pada atlet sebagai persiapan mentalitas," kata Afif Kurniawan, psikolog Persebaya, kepada Bola.com.

Dalam kelas ini, pemain tidak hanya mendapat materi untuk menghadapi pertandingan. Mereka juga mengikuti fun game dengan diselingi senda gurau agar lebih rileks.

"Pemain disiapkan menghadapi dinamika sejak pramusim sampai kompetisi nanti. Kami membuat pemain terbiasa melakukan aktivitas dan dampaknya bisa masuk kebiasaan sehari-hari," imbuh dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga tersebut.

Yang menjadi pokok pembahasan dalam kelas ini adalah pembangunan mental bertanding. Afif ingin memastikan penggawa Bajul Ijo tetap berjuang untuk meraih kemenangan melawan Tira Persikabo.

Seperti diketahui, Persebaya sebenarnya sudah terhitung aman untuk melaju ke perempat final Piala Presiden 2019. Tapi, mereka tetap mengincar kemenangan agar bisa keluar sebagai juara Grup A dan menyapu bersih tiga laga.

"Persebaya ini bukan tim biasa karena ada tekanan dan perhatian publik yang luar biasa. Kami fokus pertandingan besok untuk memasukkan set bahwa pertandingan itu sama seperti lainnya. Tidak ada pikiran dari pemain merasa aman," ucap Afif.

Kelas psikologi ini sebenarnya bukanlah kali pertama dilakukan oleh Persebaya. Biasanya hal serupa juga diadakan setiap menjelang pertandingan. Hanya, materi yang diberikan berbeda tergantung pertandingan.

Video Populer

Foto Populer