Prediksi Arema Vs Persita: Menang Atau Gagal Total di Pramusim

Oleh Iwan Setiawan pada 13 Mar 2019, 06:45 WIB
Arema FC vs Persita Tangerang

Bola.com, Malang - Arema bakal habis-habisan di laga terakhir Grup E Piala Presiden 2019 yang disiarkan langsung Indosiar, Rabu (13/3/2019). Kebetulan lawan yang dihadapi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, ini adalah tim juru kunci, Persita Tangerang.

Tetapi, Arthur Cunha dkk. harus menang besar untuk memperbaiki surplus gol lantaran Arema masih mengantongi tiga poin. Itu pun belum tentu tim berjulukan Singo Edan bisa langsung lolos ke fase delapan besar karena masih tergantung hasil pertandingan lainnya, Barito Putera melawan Persela Lamongan.

Melihat situasi ini, pelatih Arema, Milomir Seslija, tidak ingin anak buahnya makin tertekan. Dia menegaskan agar skuat Arema tidak terlalu fokus dengan peluang lolos, namun lebih pada bagaimana memperlihatkan performa terbaik untuk memetik kemenangan melawan Persita. 

"Terpenting bagaimana menyelesaikan pertandingan sebaik mungkin. Itu dulu yang harus jadi fokusnya," kata pelatih asal Bosnia itu.

Dalam persiapan, Milo masih menjajal beberapa pemain untuk jadi starter.  Lantaran pemainnya tampil buruk saat ditekuk Persela Lamongan 0-1 di laga sebelumnya (9/3/2019), dia butuh ada sejumlah perubahan komposisi pemain. Kebetulan secara materi pemain, Persita masih di bawah Arema.

Tapi bukan berarti Milo meremehkan Persita. Dia ingin ada tekanan, justru untuk menguatkan timnya, terutama mental pemain mengingat sampai saat ini kritikan dari Aremania masih mengalir.

Jika sampai gagal menang melawan Persita, kritikan bakal semakin tajam mengingat Arema sudah gagal di Piala Indonesia 2018. Ada kekhawatiran cap pramusim yang gagal, melekat di tim ini.

"Sekarang saya ingin membangkitkan mental pemain. Dalam latihan ada suasana enjoy untuk membuat pemain bangkit dan merasa fight lagi. Saat melawan Persela itu memang hari buruk, dan setiap tim pasti pernah mengalaminya," ucap Milo.

 

2 of 3

Tampil Lepas

Untuk tuntutan menang besar, Milo sebenarnya sudah menyiapkan beragam skema di lini depan. Selain mengasah Ahmad Nur Hardianto, dia juga menjajal kapten tim Hamka Hamzah di posisi striker.

Saat ini Hamka masih dalam pemulihan cedera robek mulut bagian atas. Hamka baru melepas 19 jahitan di mulutnya dan masih mengenakan masker khusus saat latihan. Cedera itu didapatkan Hamka ketika pertandingan pertama melawan Barito Putera (4/3/2019).

Kubu Persita Tangerang juga mengusung semangat sama. Mereka ingin tetap fight. Meski peluang lolos sudah hilang karena dua kekalahan yang diderita, tim berjulukan Pendekar Cisadane itu ingin memperlihatkan hasil evaluasi yang sudah dilakukan pelatih Widodo Cahyono Putro.

Dalam dua pertandingan yang sudah dijalani, Persita selalu lambat panas. Namun, dalam pertandingan melawan Arema ini, bisa jadi karena sudah tidak punya peluang lolos, Egi Melgiansyah dkk. justru bisa tampil lepas.

"Kami memperbaiki transisi permainan dari menyerang ke bertahan. Proses gol yang sudah terjadi ke gawang kami juga jadi pelajaran tersendiri," imbuh mantan pelatih Bali United tersebut.

Persita juga sudah punya modal pernah menghadapi Arema dalam 32 besar Piala Indonesia 2018. Dua kali pertemuan, mereka kalah 1-4 dan 0-3 Sekarang dengan komposisi pemain yang lumayan berpengalaman, Persita tidak ingin jadi bulan-bulanan Arema lagi. Meski, mereka sudah memahami Singo Edan bakal ngotot menang demi tiket ke delapan besar Piala Presiden 2019.  

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-3-1): Utam Rusdiana (kiper); Agil Munawar, Arthur Cunha, Rachmat Latief, Ricky Ohorella (belakang); Hendro Siswanto, Pavel Smolyachenko; Dendi Santoso, Makan Konate, Sunarto; (tengah); Ahmad Nur Hardianto (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Persita Tangerang (4-3-3): Annas Fitranto (kiper); M. Toha, M. Roby, Rio Ramandika, Jecky Arisandi (belakang); Amarzukih, Egi Melgiansyah, Ade Jantra (tengah); Azka Fauzi, Diego Banowo, Chandra Waskito (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Lanjutkan Membaca ↓