Sukses


Tepis Penalti Tira Persikabo, Bukti Profesionalisme Abdul Rohim untuk Persebaya

Bola.com, Bandung - Duel Tira Persikabo melawan Persebaya Surabaya yang berakhir tanpa gol masih menyisakan cerita. Tanpa gol tercipta, Abdul Rohim layak menjadi pemain terbaik dalam pertandingan terakhir Grup A Piala Presiden 2019 yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung (12/3/2019) itu.

Kiper Persebaya itu melakukan penyelamatan gemilang. Dia menepis penalti Loris Arnaud dengan tangan kiri pada menit ke-69.

Pada momen itu, Tira Persikabo berpeluang unggul dan meraih kemenangan. Tetapi, penampilan apik Rohim membuat klub yang berafiliasi dengan TNI itu gagal meraih tiga poin. Rohim pun membeberkan kunci keberhasilannya.

"Di penalti itu, intinya fokus dan tetap yakin dengan feeling dalam membuat keputusan. Saya harus benar dengan prediksi arah bola dari penendang. Penendang juga tahu mana kiper yang ragu dan siap," kata Rohim kepada Bola.com.

"Saya tidak punya referensi penalti Loris. Saya tidak tahu ke mana dia akan menendang. Tapi, begitu melihat dia siap-siap, saya memprediksi ke arah kiri dan saya yakin dengan hal itu," imbuh pemain asal Sumatra Utara itu.

Selama ini Rohim dikenal sebagai kiper spesialis penyelamat  penalti. Dia bahkan pernah melakukan dua penyelamatan di perempat final Piala Presiden 2018. Saat itu, Rohim masih berseragam PSMS Medan dan lawan yang dihadapinya adalah Persebaya.

Menariknya, Rohim merupakan penjaga gawang yang berstatus sebagai anggota TNI. Dia mengaku sempat terbebani karena menghadapi Tira Persikabo, yang berisikan banyak teman-temannya sesama anggota TNI.

"Beban pasti ada, karena Persebaya memiliki banyak suporter. Yang ditakutkan kalau tidak maksimal, dikira karena status saya anggota TNI dan Tira juga klub TNI. Saya bekerja di mana pun harus 100 persen dan maksimal untuk Persebaya. Saya benar-benar profesional di Persebaya," ucap kiper berusia 26 tahun itu.

Keberhasilan Rohim melakukan penyelamatan penalti itu sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan profesionalitasnya. Dia memiliki peran penting membawa Persebaya menjadi juara Grup A Piala Presiden 2019.

Video Populer

Foto Populer