Prediksi PSS Vs Persija: Tuan Rumah Menguji Kualitas Tim Ibu Kota

Oleh Vincentius Atmaja pada 15 Mar 2019, 06:45 WIB
PSS Sleman vs Persija Jakarta

Bola.com, Sleman - Laga pamungkas Grup D Piala Presiden 2019 yang disiarkan langsung oleh Indosiar mempertemukan tuan rumah PSS Sleman melawan Persija Jakarta. Duel untuk menentukan langkah ke babak 8 besar ini dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019).

Dua tim memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya. Persija, yang berstatus juara bertahan Piala Presiden, punya keuntungan yang lebih besar ketimbang PSS, karena sudah mengemas poin empat dari dua pertandingan. Sementara PSS berada di urutan ketiga klasemen, terpaut satu poin.

Kualitas Macan Kemayoran bakal diuji oleh PSS yang terkenal garang ketika bermain di kandang sendiri. Apalagi dukungan penuh dari suporter, bisa menjadikan masalah buat Persija. Tren positif saat mengalahkan Borneo FC pada pertandingan kedua, akan menjadi modal besar bagi anak asuh Seto Nurdiyantoro.

Seto dipastikan kembali menurunkan komposisi terbaik. Mulai kiper Ega Rizky, kapten tim Bagus Nirwanto, duet stoper Alfonso De La Cruz dan Purwaka Yudhi.

Gelandang jangkar Nelson Alom akan berkolaborasi dengan Sidik Saimima dan pemain berdarah Argentina, Brian Ferreira.

Peran striker Kushedya Hari Yudo yang punya daya jelajah tinggi, akan menjadi senjata ampuh bagi PSS, bersama dengan Ricky Kambuaya.

"Pertandingan yang penting buat kami. Kami menang pun belum tentu lolos. Masih menunggu partai Borneo melawan Madura United. Saling menunggu hasil lain. Mudah-mudahan peluang yang sangat tipis, dengan sedikit keberuntungan kami bisa melaju jauh," katanya.

"Persija tentu punya mental bertanding yang lebih baik, bakal enjoy. Masa recovery kami cukup lama setelah laga kedua. Tim dalam suasana santai, mudah-mudahan di pertandingan tetap tidak ada beban," tambahnya.

Kiper utama PSS, Ega Rizky, bertekad tampil habis-habisan agar bisa membawa timnya melaju ke babak selanjutnya.

"Kami akan memberikan yang terbaik dan berjuang maksimal agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Meski, turnamen ini bukan tujuan dari PSS di musim 2019, bisa sebagai tolok ukur sebelum memasuki kompetisi resmi," ujar Ega Rizky.

Persija Jakarta
Ryuji Utomo dkk. saat tampil di Piala Presiden 2019. (Bola.com/Vincentius Atmaja)
2 of 3

Atur Stamina

Di kubu Persija, pelatih Ivan Kolev belum dapat menentukan pemain yang akan turun sejak menit pertama, seusai menempuh perjalanan dari Myanmar di Piala AFC 2019. Namun, diperkirakan susunan pemain terbaik akan tampil sebagai starter.

Beberapa pemain yang menjalani pemanggilan TC Timnas Indonesia, bukan menjadi persoalan serius bagi Persija.

Ryuji Utomo akan kembali mengisi pos belakang bersama dengan Steven Paulle. Ismed Sofyan tampaknya akan diturunkan oleh Ivan Kolev setelah absen pada laga kedua.

Bruno Matos dan Rohit Chan kemungkinan besar juga disiapkan sejak menit pertama, sementara Riko Simanjuntak akan memberikan suplai bola kepada Silvio Escobar di lini depan.

"Kami baru akan memutuskan siapa pemain  yang akan turun, sebelum kick-off. Kami harus bisa mengatur stamina setelah menempuh perjalanan jauh. Bagaimana pun kami harus bisa memberikan kesempatan bermain untuk pemain lain," ujar Ivan Kolev.

Rasa percaya diri juga dilambungkan bek sayap Persija Jakarta, Dany Saputra. Ia optimistis Persija mampu melewati adangan PSS yang dipastikan akan mengandalkan teror dari suporternya.

"Pertandingan pasti sangat berat karena akan ada tekanan tersendiri dari suporter tuan rumah. Kami optimistis bisa melewatinya. Kami akan tunjukkan di lapangan karena bola itu bundar, semua pasti bisa terjadi," kata Dany Saputra.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (K); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Alfonso De La Cruz, Derry Rachman (B); Wahyu Sukarta, Sidik Saimima, Brian Ferreira (T); Ricky Kambuaya, Kushedya Hari Yudo, Rangga Muslim (D)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Persija Jakarta (4-3-3): Daryono (K): Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Dany Saputra (B); Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos, Rohit Chan (T); Riko Simanjuntak, Silvio Escobar, Heri Susanto  (D)

Pelatih: Ivan Kolev

Lanjutkan Membaca ↓