Kehilangan Pemain ke Timnas Indonesia Bukan Alasan Bali United Kalah dari Bhayangkara FC

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 15 Mar 2019, 15:50 WIB
Striker Bali United, Irfan Bachdim, berusaha mengamankan bola saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Bekasi - Bali United menelan kekalahan 1-4 dari Bhayangkara FC di laga terakhir Grup B Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (14/3/2019).

Setelah tertinggal lewat gol Anderson Salles pada akhir babak pertama, Bali United tertinggal sampai empat gol di babak kedua. Namun, Melvin Platje bisa mencetak gol hiburan pada menit ke-80 untuk memperkecil kekalahan Bali United menjadi 1-4.

Ketika ditanya mengenai pengaruh ketidakhadiran tiga pemain inti yang bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, yaitu Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, dan Ricky Fajrin, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, langsung memberikan bantahan.

Jadwal yang padat disebut pelatih asal Brasil itu menjadi alasan yang lebih masuk akal.

"Ketika kami harus kehilangan pemain yang pergi ke Timnas Indonesia, tentu kami menyadari itu karena mereka memiliki kualitas yang bagus. Namun, tidak tampilnya mereka di tim ini menurut saya bukan menjadi alasan dari kekalahan ini," ujar Stefano Cugurra Teco.

"Jadwal pertandingan yang cukup dekat dan recovery yang singkat membuat kami cukup kesulitan. Selain itu, pemain Bhayangkara FC rata-rata masih berusia muda dan tentu recovery mereka bisa lebih cekat ketimbang pemain kami yang secara usia lebih senior," lanjut pelatih asal Brasil yang musim lalu membawa Persija Jakarta menjuarai Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018 itu.

Meski kalah dari Bhayangkara FC, Bali United masih memiliki peluang untuk tetap tampil di Piala Presiden 2019. Namun, kans itu sangat tipis. Saat ini Bali United menempati peringkat kedua Grup B Piala Presiden 2019 dengan enam poin dan selisih satu gol dalam perolehan gol dan kebobolan mereka. Statistik itu menempatkan mereka di peringkat ketiga dalam tabel peringkat runner-up Piala Presiden 2019.

Jika dua tim runner-up di Grup C dan D Piala Presiden 2019 gagal memaksimalkan pertandingan terakhir mereka masing-masing, Bali United bisa memastikan diri lolos ke perempat final Piala Presiden 2019.