Aji Santoso Membeberkan Resep Mengorbitkan Pemain Baru

Oleh Iwan Setiawan pada 16 Mar 2019, 16:15 WIB
M. Hambali Tholib

Bola.com, Malang - Kejelian pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso, untuk mengorbitkan bintang baru tak diragukan lagi. Di Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar, beberapa pemain muda Persela mulai diperhitungkan, seperti Malik Risaldi dan M. Hambali Tholib.

Kedua pemain itu pamer skill dalam penyisihan Grup E Piala Presiden. Ke depan, masih ada bebetapa pemain muda lagi yang disiapkan untuk memberi kejutan. 

Aji membeberkan caranya untuk mengorbitkan pemain baru. Yang pertama, tentu mencari bibit pemain yang punya skill bagus. Dalam fase ini, pengalaman sebagai pemain dan pelatih yang paling berperan. 

Awal tahun ini Aji mendatangkan alumni SKO Ragunan dan yang lainnya. "Kalau menilai pemain muda bagus atau tidak, itu tak ada sekolahnya. Butuh pengalaman," jelasnya.

Musim ini Aji mengaku menyiapkan empat pemain atau lebih untuk diorbitkan. Selain Hambali dan Malik, ada dua nama lainnya. Dia tidak menyebutkan siapa pemain tersebut.

Tetapi, jika melihat komposisi pemain yang dibawa di Piala Presiden 2019, ada sejumlah nama seperti Achmad Arthur Sena dan Muhammad Ridwan, yang usianya masih di bawah 20 tahun. Khusus Ridwan, dia sempat diturunkan melawan Barito Putera di laga terakhir Grup E (13/3/2019).

"Saat Hambali dan Malik sudah main, teman-teman saya banyak yang bertanya. Ini siapa lagi yang mau diorbitkan Persela," kata Aji lalu tertawa.

 

2 of 2

Memberi Kesempatan

Dari sejumlah pemain muda yang didatangkan Persela, hanya Hambali yang sempat merasakan bermain di Liga 1 musim lalu dengan Sriwijaya FC. Kini Aji ingin memolesnya dengan pemain lain untuk lebih mengilap.

"Untuk mengembangkan pemain muda, harus berani memberikan kesempatan main kepada mereka. Kalau punya potensi, tapi tidak dapat kesempatan, ya pasti hilang bakatnya," imbuhnya.

Aji mencontohkan ketika mengambil Saddil Ramdani dari akademinya ASIFA ke Persela musim 2016. Waktu itu tidak ada yang mengenal Saddil karena dia belum pernah bermain untuk klub profesional sebelumnya.

Namun, Aji berani memberikan kesempatan bermain. Kini Saddil sudah hengkang ke klub Malaysia, Pahang FA, dan jadi andalan Timnas Indonesia U-23.

"Saddil dulu belum punya pengalaman di klub profesional. Tapi, saya berani memberikan dia kesempatan karena punya kemampuan. Sekarang, pemain muda yang baru bergabung juga punya kesempatan yang sama," kata mantan pelatih Arema FC tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓