5 Bintang Asing Memesona Selama Penyisihan Grup Piala Presiden 2019

Oleh Zaidan Nazarul pada 17 Mar 2019, 08:15 WIB
Piala Presiden 2019

Bola.com, Surabaya - Turnamen Piala Presiden 2019 menjadi ajang pemanasan bagi klub kontestan Liga 1 sebelum kompetisi reguler diputar. Kendati begitu, persaingan antartim tetap sangat sengit, setidaknya itulah yang tampak selama babak penyisihan di semua grup.

Kalangan pemain asing pun tak mau melewatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan. Aksi gemilang mereka pertontonkan, tak hanya untuk menghibur penonton, tetapi juga demi meraih kemenangan tim yang dibelanya.

Pengamat sepak bola nasional asal Jawa Timur, Ferryl Raymond Hattu, mencatat ada lima pemain asing yang tampil memesona selama fase grup ini.

Siapa mereka? inilah lima pemain asing terbaik di fase penyisihan Piala Presiden 2019 pilihan mantan kapten Timnas SEA Games 1991 tersebut.

Sebagai catatan, penyisihan grup Piala Presiden 2019 mulai bergulir pada 2 Maret 2019, ditandai dengan laga Persib Bandung versus Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dan berakhir pada Sabtu (16/3/2019), dengan duel PSIS Semarang melawan PSM Makassar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang.

Fase penyisihan grup Piala Presiden 2019 diikuti 20 tim yang terbagi ke dalam lima grup, dimainkan dalam lima kota tuan rumah. Hanya ada delapan tim, yakni juara grup serta tiga runner-up terbaik yang berhak melaju ke babak selanjutnya.

Arema FC
Pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak Makan Konate ke gawang Persita Tangerang pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, Minggu (3/2). Arema FC menang 3-0 atas Persita. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
2 of 6

Makan Konate

Gelandang serang milik Arema ini bermain apik selama babak penyisihan. Makan Konate menjadi motor serangan sekaligus menghidupkan permainan Singo Edan.

Lewat aksi-aksinya yang brilian, pemain asal Mali ini membuat Arema mampu membuat comeback hebat ketika mengalahkan Barito Putera 3-2 setelah tertinggal 0-2 lebih dulu (4/3/2019).

Aksi gemilang kembali ia perlihatkan ketika Arema menghajar Persita Tangerang 6-1 (13/3/2019). Pergerakan Makan Konate benar-benar sulit dihentikan.

Aleksandar Rakic
Striker Madura United, Aleksandar Rakic. (Bola.com/Aditya Wany)
3 of 6

Aleksandar Rakic

Pemain asing baru Madura Unitd ini memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dia punya kecepatan dan aksi-aksi luar biasa. Dia tergolong pemain hebat secara individu maupun tim. 

Kualitas Rakic sangat menonjol ketika ia berhasil dua kali membobol gawang Persija Jakarta (8/3/2019). Rakic sangat kuat, powerfull, dan tajam.

Manuchehr Jalilov
Pemain Persebaya, Manuchehr Jalilov, saat merayakan gol ke gawang Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, dalam Piala Presiden 2019 (7/3/2019). (Bola.com/Aditya Wany)
4 of 6

Manuchehr Jalilov

Penampilan pemain Persebaya Surabaya ini sangat gemilang selama babak penyisihan. Jalilov menjadi otak permainan Persebaya dalam tiga pertandingan yang telah dijalani di fase grup ini. 

Pemain ini tak hanya memiliki kemampuan individu di atas rata-rata, tetapi juga punya naluri mencetak gol yang sangat tinggi. Berperan sebagai gelandang serang, kontribusi Jallilov melebihi pemain lain, termasuk striker asing Persebaya, Amido Balde. 

Bruno Matos
Gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, menggiring bola saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
5 of 6

Bruno Matos

Gelandang serang Persija Jakarta ini bermain hebat selama babak penyisihan. Dia menjadi pemain yang sangat berpengaruh di lapangan tengah Persija. Beberapa gol Persija selama babak penyisihan merupakan hasil kreasi pemain ini.

Matos juga pemain yang sangat matang. Dia tenang saat membawa bola, Matos juga memiliki kemampuan individu di atas rata-rata. 

Melvin Platje
Striker Bali United, Melvin Platje, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)
6 of 6

Melvin Platje

Penampilan pemain Bali United yang satu ini sangat mengesankan. Tipikal pemain Eropa, Melvin memang tak memiliki kemampuan mengolah si kulit bundar sebaik pemain-pemain asal Amerika Latin maupun Afrika, tetapi dia pemain yang cerdas dengan visi bermain yang sangat bagus. 

Melvin juga tipikal penyelesai yang jempolan. Dia sangat dingin saat mengeksekusi peluang. Bali sangat beruntung memiliki pemain yang satu ini.     

Hanya, dia gagal mengantar Bali United melaju ke babak 8 besar Piala Presiden 2019 setelah kalah bersaing dengan Bhayangkara FC di Grup B.

Lanjutkan Membaca ↓