Mengupas Perjalanan 8 Klub Peserta Perempat Final Piala Presiden 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 17 Mar 2019, 09:30 WIB
Piala Presiden 2019 Delapan Besar

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2019 telah menyelesaikan babak penyisihan grup pada Sabtu (16/3/2019). Sebanyak delapan klub dipastikan melaju ke babak perempat final melalui jalur juara grup dan peringkat kedua terbaik.

Klub-klub yang lolos ke babak selanjutnya adalah Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Madura United, Tira Persikabo, dan Arema FC. Klub-klub besar seperti Persipura Jayapura, Bali United, dan PSM Makassar secara mengejutkan tersingkir.

Sebanyak 93 gol tercipta sepanjang babak penyisihan yang melibatkan 20 tim dari 5 grup. Hal ini menjadi bukti persaingan sepanjang babak penyisihan grup berlangsung sangat ketat.

Pencetak gol terbanyak sementara masih dikuasai dua legiun asing yakni Bruno Matos (Brasil) dan Melvin Platje (Belanda). Dengan sama-sama mengoleksi empat gol, Bruno Matos masih berpeluang meraih sepatu emas karena Persija Jakarta lolos ke perempat final.

Piala Presiden 2019 juga mampu menyedot animo penonton. Sepanjang penyisihan grup, sebanyak 199.899 orang telah menyaksikan pertandingan.

Tingginya animo penonton tak terlepas serunya pertandingan dan perjuangan para klub untuk berebut tiket perempat final Piala Presiden 2019. Lantas, bagaimana perjuangan klub-klub peserta untuk bisa melaju ke babak delapan besar? Berikut selengkapnya.

2 of 9

Persebaya Surabaya

Para pemain Persebaya Surabaya merayakan kemenangan atas Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persebaya menang 3-2 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persebaya Surabaya menjadi salah satu kandidat kuat peraih gelar juara Piala Presiden 2019. Pasukan Djadjang Nurdjaman itu melalui fase grup tanpa kendala berarti.

Pada laga perdana, Persebaya menang 3-2 atas Perseru Serui. Kedigdayaan Bajul Ijo kemudian semakin terbukti ketika mengalahkan tim tuan rumah, Persib Bandung dengan skor 3-2.

Pada laga pamungkas penentu status juara grup, Persebaya menahan Tira Persikabo dengan skor 0-0. Persebaya akhirnya lolos ke perempat final dengan status juara Grup A dengan raihan tujuh poin, mencetak enam gol dan kebobolan dua gol.

3 of 9

Bhayangkara FC

Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak Anderson Sales ke gawang Bali United pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bhayangkara FC menjadi salah satu tim yang mampu memberikan kejutan di Piala Presiden 2019. Pasukan Angel Alfredo Vera berhasil menjadi juara Grup B.

Klub berjuluk The Guardian itu bahkan menjadi satu-satunya yang mampu menyapu bersih babak penyisihan dengan kemenangan. Bhayangkara FC lolos ke perempat final dengan koleksi sembilan poin, mencetak 10 gol, dan hanya kebobolan empat gol.

Ini menjadi yang kedua kalinya buat Bhayangkara FC bisa melaju ke Piala Presiden. Terakhir, mereka tampil di babak delapan besar pada edisi 2017 dan tersingkir karena kalah 0-1 dari Semen Padang.

4 of 9

Kalteng Putra

Kalteng Putra FC di Piala Presiden 2019. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Kalteng Putra menjadi satu-satunya tim asal luar Pulau Jawa di perempat final Piala Presiden 2019. Secara mengejutkan, klub asuhan Gomes de Olivera itu menjadi juara Grup C menyingkirkan Persipura Jayapura, PSIS Semarang, dan PSM Makassar.

Kalteng Putra mengoleksi enam poin, jumlah yang sama dengan Persipura dan PSIS. Namun, Laskar Isen Mulang unggul selisih gol dan berhak menjadi juara Grup C.

Sepanjang babak penyisihan, Kalteng Putra mencetak empat gol dan hanya kemasukan sekali. Hal ini menjadi bukti Kalteng Putra bisa menjadi tim Kuda Hitam di Piala Presiden 2019.

5 of 9

Persija Jakarta

Ryuji Utomo dkk. saat tampil di Piala Presiden 2019. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Persija Jakarta untuk pertama kalinya sepanjang tampil di Piala Presiden lolos ke perempat final dengan predikat juara grup. Pasukan Macan Kemayoran finis di puncak Grup D dengan raihan tujuh poin.

Tim asuhan Ivan Kolev itu tak terkalahkan setelah menang 5-0 atas Borneo FC, imbang 2-2 kontra Madura United, dan mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-0.

Sepanjang penyisihan, Persija mencetak sembilan gol dan kemasukan dua kali. Hal ini menjadi modal berharga buat klub asal ibu kota untuk mempertahankan gelar Piala Presiden 2019.

6 of 9

Persela Lamongan

Suporter Persela Lamongan, LA Mania tak henti memberikan dukungan saat tim kesayangan mereka mengalahkan Perseru Serui 2-0 pada pekan ke-7 TSC 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Surajaya, Kamis (16/6/2016). (Bola.com/Fahrizal Arnas)

Persela Lamongan lolos ke perempat final Piala Presiden 2019 dengan predikat juara Grup E. Laskar Joko Tingkir meraup tujuh poin hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Sepanjang penyisihan grup, Persela tercatat mencetak empat gol dan kebobolan sekali. Hasil ini menjadi bukti Persela bisa menjadi salah satu kandidat kuat peraih gelar juara Piala Presiden 2019.

7 of 9

Madura United

Pemain Madura United merayakan gol David Laly ke gawang Borneo FC dalam Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Madura United sudah membuktikan kekuatannya sebagai tim bertabur bintang di pentas Piala Presiden 2019. Pasukan Dejan Antonic tercatat tak terkalahkan dan mengumpulkan tujuh poin.

Madura United hanya kalah selisih gol dari Persija Jakarta. Hal itulah yang membuat Laskar Sape Kerap lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2019 melalui jalur runner-up terbaik.

Sepanjang babak penyisihan Grup D, Madura United mencetak lima gol dan kebobolan dua kali. Klub kebanggaan Pulau Garam itu diprediksi memberikan kejutan pada babak perempat final.

8 of 9

Tira Persikabo

Para pemain Tira Persikabo merayakan gol yang dicetak oleh Ciro Henrique ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3).  (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tira Persikabo menjadi salah satu tim Kuda Hitam di Piala Presiden 2019. Pasukan Rahmad Darmawan itu mampu lolos ke perempat final dengan jalur runner-up terbaik.

Kejutan pertama yang diberikan Tira Persikabo adalah dengan mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 pada laga perdana. Kemudian, Tira Persikabo mampu mengalahkan Perseru Serui dengan skor 3-2.

Pada laga pamungkas, Tira Persikabo sukses menahan Persebaya Surabaya tanpa gol. Mereka mengoleksi tujuh poin, jumlah yang sama dengan raihan Persebaya, namun kalah selisih gol.

9 of 9

Arema FC

Selebrasi Hendro Siswanto setelah menjebol gawang Persita dalam Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (13/3/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Lolosnya Arema FC ke babak perempat final Piala Presiden 2019 tak terlepas dari keberuntungan. Klub berjuluk Singo Edan lolos ke babak delapan besar melalui jalur peringkat kedua terbaik.

Arema FC menghuni batas bawah dengan raihan enam poin. Mereka melaju ke babak perempat final karena unggul selisih gol dari Bali United dan Persipura Jayapura yang juga mengumpulkan enam poin.

Arema FC mampu mencetak sembilan gol dalam tiga laga yang dimainkan dan kebobolan empat kali. Kebangkitan Arema FC diprediksi bisa terjadi pada babak perempat final.

Lanjutkan Membaca ↓