Tak Keluar Pakem, Performa Persela di Penyisihan Piala Presiden 2019 Memuaskan Aji Santoso

Oleh Zaidan Nazarul pada 17 Mar 2019, 08:45 WIB
Aji Santoso

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan berhasil lolos ke babak perempat final Piala Presiden dengan status juara Grup E. Tujuh poin yang mereka kumpulkan membuat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini mengungguli tuan rumah Arema FC dan Barito Putera, yang lebih difavoritkan.

Kendati begitu, pelatih Persela, Aji Santoso, tetap melakukan evaluasi sebagai bahan perbaikan sebelum memasuki perempat final. Dari hasil analisisnya, Aji mendapatkan beberapa hal yang dinilainya belum maksimal. 

"Saya melihat organisasi pertahanan dan penyerangan masih harus ditingkatkan supaya di babak 8 besar nanti tim ini bisa tampil lebih baik," katanya. 

Aji tak menyebutkan secara detail di titik mana pertahanan Persela yang masih lemah, namun jika dilihat dari tiga laga yang mereka jalani selama babak penyisihan, sisi kiri pertahanan Persela yang dikawal Samsul Arifin menjadi sektor yang kerap dieksploitasi lawan. 

Untuk penyerangan, Aji menilai masih kurang rapi dan tersusun dengan baik.

"Cara kami membangun serangan dari belakang hingga ke depan sering kurang rapi. Ini karena ada lini yang terputus. Inilah yang harus kami maksimalkan agar lebih tajam," katanya. 

Terlepas dari itu, secara keseluruhan Aji mengaku puas dengan penampilan anak buahnya dalam turnamen pramusim sejauh ini. Minimal, ia menganggap pemain Persela tak keluar dari pakem yang ia tentukan sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam tiga pertandingan yang mereka jalani di babak penyisihan Piala Presiden 2019.