Liga Berjenjang Piala Menpora Bakal Gunakan VAR

Oleh Erwin Snaz pada 16 Mar 2019, 21:40 WIB
Liga Berjenjang Piala Menpora, Imam Nahrawi

Bola.com, Bandung - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, secara resmi membuka Liga Berjenjang U-12, U-14, U-16, dan Liga Mahasiswa Piala Menpora 2019 di lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Sabtu (16/3/2019).

Menariknya dalam kejuaraan tersebut menggunakan teknologi video assistant referee (VAR). Ini kali pertama VAR digunakan di ajang Piala Menpora yang dikuti ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Imam Nahrawi menyebutkan penggunaan VAR di ajang Piala Menpora 2019 dipicu munculnya keresahan, keributan baik antar klub, suporter dan masyarakat di cabang olahraga sepak bola.

"VAR ini bukan barang asing, jadi bisa diterapkan dan buktinya Bandung Premier League ini bisa kemudian dilanjutkan ke Piala Menpora dengan memakai VAR," ujar Imam.

Imam juga menyarankan kepada operator kompetisi Liga 1, 2, dan 3 untuk memakai teknologi VAR. "Saya kira tidak ada salahnya kompetisi Liga menggunakan VAR dan akan membawa suasana gembira baru bagi seluruh klub, pemain, suporter dan tentunya wasit itu sendiri," ungkap Imam.

Sebelumnya, penggunaan teknologi VAR sudah diterapkan dalam kompetisi sepak bola amatir Bandung Premier League. Penggunaan VAR menjadi teronosan baru bagi sepak bola nasional.

Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menambahkan teknologi VAR menjadi kali kedua diterapkan di Indonesia setelah Bandung Premier League. Namun, untuk skala nasional, baru Liga Sepak bola Berjenjang Piala Menpora 2019.

Sebanyak 5 ribu tim dari 157 daerah ambil bagian dalam Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019 dengan lima kategori yang dipertandingkan, yaitu U-12, U-14, U-16, U-17 (putri), dan U-21 (mahasiswa).

Pertandingan akan dimulai dari seri kabupaten dan kota yang akan berlangsung dari 17 Maret sampai Juni. Pemenang seri kabupaten atau kota berhak masuk pada fase regional. Sedangkan, pada seri nasional akan berlangsung di berbagai daerah.