Ornamen Tradisional Hiasi Jersey Baru Bali United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Mar 2019, 14:15 WIB
Bali United Logo

Bola.com, Gianyar - Bali United merilis jersey terbaru yang akan mereka gunakan untuk musim 2019 dalam rangkaian acara Bali United Festival 2019 yang digelar di Gianyar pada Sabtu (16/3/2019). Ornamen khas Bali tampak menghiasi jersey terbaru Serdadu Tridatu.

Para pemain Bali United muncul di atas panggung dengan mengenakan jersey terbaru yang akan digunakan untuk musim 2019. Sejumlah perubahan tampak terlihat dari jersey terbaru ini jika dibandingkan yang digunakan Serdadu Tridatu pada musim lalu.

Jersey terbaru warna dasar Tridatu, yaitu merah, putih, dan hitam, tetap menjadi pilihan untuk laga kandang, tandang, dan jersey alternatif ketiga. Sementara itu, warna ungu yang biasa digunakan oleh penjaga gawang pun tetap menjadi pilihan.

Perbedaannya, jersey terbaru Bali United ini dihiasi motif kalung Kebo Iwa lengkap dengan ornamen ukiran Bali di bagian kerah. Sekadar informasi yang didapatkan dari situs Bali United, Kebo Iwa merupakan legenda ksatria di Bali yang juga merupakan panglima perang di Bali yang berhasil menyatukan Nusantara di era Kerajaan Majapahit.

 
 
 
View this post on Instagram

This is it! Bali United Jersey 2019. #BaliUnited

A post shared by Bali United (@baliunitedfc) on

Selain itu, ada motif Cepuk Rangrang yang merupakan motif kain tenun karya warga Nusa Penida yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tenun Rangrang adalah jenis kain tenun leluhur warga Nusa Penida yang dahulu dijadikan perlengkapan upacara keagamaan. Satu hal yang juga tergolong baru dalam jersey Bali United ini adalah terdapat garis bewarna Tridatu di bagian pundak.

"Bagian atas jersey ada perubahan. Kami memakai kalung dari Kebo Iwa untuk motifnya. Bagian bawah jersey tetap ada motif poleng Bali. Bahannya juga ada perubahan. Lebih kuat dan tahan lama," ujar Ceo Bali United, Yabes Tanuri.

"Kami berusaha sama seperti tahun lalu, ada anti-sinar ultra violet. Semua perubahan ini kita ingin agar dekat dengan Bali. Warna merah, putih, dan hitam sebagai lambang Tridatu Bali," lanjutnya.

Teknik pengerjaan jersey terbaru Bali United kali ini menggunakan printing, sablon dengan beberapa kombinasi bahan, serta logo tampilan yang baru dan modern. Selain itu desain jersey lebih modern mengikuti perkembangan jersey klub-klub Eropa.