Djanur Lega Persebaya Jadi Tuan Rumah Perempat Final Piala Presiden 2019

Oleh Aditya Wany pada 17 Mar 2019, 15:45 WIB
Djadjang Nurdjaman

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dipastikan menjadi tuan rumah perempat final Piala Presiden 2019 setelah meraih tujuh poin di Grup A. Klub berjulukan Bajul Ijo itu termasuk dalam empat juara grup terbaik dari lima klub selama fase grup lalu.

Sesuai regulasi, empat juara grup terbaik mendapat keistimewaan tampil menjadi tuan rumah di babak perempat final. Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, merasa lega dengan kondisi tersebut. 

“Kabar baik buat kami, karena bagaimana pun bermain di kandang menjadi keuntungan buat kami, setidaknya tidak kelelahan bertandang. Ini patut disyukuri, kami juga akan mendapat dukungan penuh dari Bonek,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu kepada Bola.com, Minggu (17/3/2019).

Sebelumnya, Persebaya sempat dijagokan bakal menjadi tuan rumah karena status juara Grup A, unggul atas Persib Bandung, Tira Persikabo, dan Perseru Serui. Namun, setelah tiga grup lainnya memainkan laga terakhir, Persebaya justru terancam menjadi tamu juga di perempat final.

Penyebabnya, juara grup lain mampu mengungguli Persebaya. Bhayangkara FC (Grup B) yang meraih poin sempurna 9 angka, atau Persela Lamongan (Grup E) dan Persija Jakarta (Grup D) yang juga mengoleksi tujuh poin namun unggul selisih gol.

Penentuan itu kemudian diputuskan lewat hasil Grup C yang mempertemukan Persipura Jayapura kontra Kalteng Putra. Jika Persipura tidak kalah, minimal imbang saja, Persebaya akan menjadi juara grup terburuk. Beruntung, Kalteng menang 3-1 dan menjadi juara Grup C, sedangkan Persipura justru tersingkir.

“Sebenarnya tidak terlalu deg-degan, lebih pada kami menyiapkan mental bertandang dan kepercayaan diri pemain. Kalau kemarin di Bandung kami bisa, berarti bertandang ke kota lain juga bisa,” imbuh Djanur.

Persebaya Surabaya berpeluang menghadapi satu dari tiga tim yang berstatus tim tamu, yaitu Kalteng Putera (juara Grup C), Arema FC (runner-up Grup E), dan Madura United (runner-up Grup D). Persebaya dipastikan tidak akan menghadapi Tira Persikabo sebelumnya juga menghuni Grup A.