Sukses


Piala Presiden: Persebaya Fokus Membenahi Lini Pertahanan

Bola.com, Surabaya - Persebaya memang mencatatkan hasil gemilang di fase grup Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar. Tim Bajul Ijo menjadi juara Grup A dengan status tak terkalahkan dan meraih tujuh poin. Tetapi, Persebaya mencatatkan empat gol kebobolan dalam tiga pertandingan.

Tiga dari empat gol tersebut tercipta pada babak pertama. Dalam dua kemenangan, kontra Perseru Serui dan Persib Bandung, Persebaya juga selalu tertinggal terlebih dulu sebelum berhasil membalikkan kedudukan.

Problem lini belakang ini sedang dalam fokus perhatian pelatih kepala Persebaya, Djadjang Nurdjaman. Djadjang ingin menggenjot pemain belakang untuk lebih fokus dalam menjaga pertahanan.

"Meski saat 8 besar komposisi akan berbeda, tetap perlu ada evaluasi karena kemasukan empat gol itu kurang bagus," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu setelah latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Senin (19/3/2019).

Buruknya lini belakang ini bukan dipengaruhi faktor absennya beberapa pemain belakang ke Timnas Indonesia. Faktanya, Persebaya tampil dengan skuat penuh saat menang 3-2 atas Perseru (2/3/2019). Di laga itu, Persebaya sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama.

Djanur menilai penampilan Rendi Irwan dkk. di fase grup telat panas, makanya Persebaya tertinggal terlebih dulu. Meski pemain Bajul Ijo punya semangat bermain tinggi, situasi itu tak boleh lagi terjadi.

"Situasi itu yang termasuk materi evaluasi. Kami tidak boleh masuk situasi seperti itu lagi di pertandingan-pertandingan berikutnya. Pemain pantang untuk terlena, walau bisa bangkit di babak kedua, itu terlalu riskan. Saya pikir kami harus selalu siap 2x45 menit," tutur Djanur.

Persebaya kemungkinan bakal memiliki komposisi terbaik dalam babak 8 besar Piala Presiden 2019 yang digelar antara 29-31 Maret 2019. Beberapa pemain Timnas Indonesia saat itu mungkin sudah bisa kembali ke klub.

"Masih ada banyak waktu. Saya hitung-hitung, bisa sampai sembilan kali latihan lagi. Artinya, kami sudah harus siap jika hari pertandingan nanti tiba," ucap mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu.

Video Populer

Foto Populer