Manuchehr Jalilov Prioritaskan Persebaya Raih Juara Piala Presiden 2019

Oleh Aditya Wany pada 20 Mar 2019, 06:30 WIB
Striker Persebaya Surabaya, Manuchehr Jalilov, mengontrol bola saat melawan Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya, Manuchehr Jalilov masuk daftar pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2019. Dia telah mencetak tiga gol selama fase grup, sama dengan Osas Saha (Tira Persikabo) dan Anderson Salles (Bhayangkara FC).

Jalilov hanya kalah dari Bruno Matos (Persija Jakarta) dan Melvin Platje (Bali United) yang mencetak empat gol. Dari dua nama itu, hanya Bruno Matos yang kemungkinan menambah gol karena timnya lolos ke perempat final. Sedangkan Melvin mentok di angka empat karena Bali United tidak lolos dari fase grup. 

Sebelumnya, Jalilov sempat berharap ingin menjadi top scorer Piala Presiden 2019 dengan produktivitas yang dimilikinya. Kini, pemain asal Tajikistan itu merevisi targetnya dengan ingin membawa Persebaya menjuarai turnamen pramusim itu.

“Yang penting tim saya menang, bisa juara, gol bisa siapa saja yang cetak. Saya pikir yang paling penting bagi saya adalah bermain baik. Kami memiliki satu tujuan untuk menjadi juara dan itu yang menjadi target saya, hanya itu yang saya pikirkan,” kata Jalilov, Selasa (19/3/2019). 

Peluang Jalilov untuk menambah pundi-pundi golnya terbuka lebar mengingat Persebaya menembus babak perempat final. Tapi, dia juga harus bersaing dengan rekan setimnya, Amido Balde, yang telah menyumbang dua gol.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menilai dua pemain asingnya itu sangat mungkin meraih penghargaan individu. Namun, senada dengan Jalilov, raihan individu bukan menjadi prioritas bagi timnya. 

“Sebetulnya buat saya tidak terlalu penting itu (gelar top scorer) yang penting tim menang, tapi Jalilov memang pemain yang memiliki naluri gol yang cukup bagus. Saya sudah melihat itu dari timnya sebelumnya,” ungkapnya.

Jalilov merupakan pemain yang memulai karier di Indonesia pada musim 2018 dengan bergabung Sriwijaya FC. Dia datang dengan statusnya sebagai pemain terbaik Piala AFC 2017 bersama Istiklol, klub asal negaranya.