Jadwal Mepet dengan Piala AFC, Persija Tak Dapat Keringanan jika Lolos ke Semifinal Piala Presiden

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 20 Mar 2019, 07:25 WIB
Diperbarui 20 Mar 2019, 07:25 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, menggiring bola saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, menggiring bola saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Jadwal dempet antara Piala AFC dengan Piala Presiden berpeluang kembali dialami Persija Jakarta di tahun ini. Bak déjà vu, kedekatan pertandingan dua turnamen bergengsi tersebut berpotensi membuat konsentrasi tim berjuluk Macan Kemayoran itu terpecah.

Masih ingat ketika Persija Jakarta melepas pertandingan melawan wakil Malaysia, Johor Darul Ta'zim di partai pertama Grup H Piala AFC 2018 pada 14 Februari?

Ketika itu, Macan Kemayoran yang takluk 0-3 pada pertandingan tersebut memprioritaskan untuk semifinal Piala Presiden melawan PSMS Medan pada 12 Februari dan final menghadapi Bali United lima hari kemudian. Untungnya, perjalanan tim ibu kota pada turnamen pramusim itu berjalan mulus dan berakhir dengan gelar juara.

Kondisi yang mirip akan menimpa Persija Jakarta di tahun ini. Apabila lolos ke babak semifinal Piala Presiden, Macan Kemayoran bakal bertanding pada periode 2-6 April 2019 dengan format dua leg. Janggalnya, pada 3 April 2019, Macan Kemayoran harus bertandang ke Filipina untuk menantang Ceres-Negros pada partai ketiga Grup H Piala AFC.

Organizing Committe (OC) Piala Presiden tidak akan memberikan keringanan untuk Persija Jakarta dan menyebut ini sebagai konsekuensi yang perlu ditanggung.

"Tidak ada pengunduran jadwal babak semifinal. Persija harus siap dengan hal itu. Jadwal sudah dibuat ketika sudah ada pertandingan Piala AFC. Manajemen Persija Jakarta dan PSSI sudah tahu akan hal itu. Dan itu harus diantisipasi dari jauh-jauh hari dengan jadwal yang disepakati bersama," ujar HQ Administrator Organizing Committee (OC) Piala Presiden, Ratu Tisha Destria.

"Tim bisa mengatur ritmenya dengan baik. Namun hal ini sudah diketahui oleh manajemen Persija Jakarta sebelumnya," kata Tisha menambahkan.

Sebelum melangkah ke babak semifinal, Persija Jakarta akan lebih dulu diadang oleh Kalteng Putra pada babak delapan besar Piala Presiden. Menganut format single match, pertandingan nanti bakal diadakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 28 Maret 2019 pukul 16.00 WIB.