Naturalisasi Belum Rampung, Otavio Dutra Kembali ke Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 20 Mar 2019, 12:45 WIB
Otavio Dutra

Bola.com, Surabaya - Selama dua pekan lebih Otavio Dutra mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Tetapi, bek asal Brasil itu muncul dalam latihan bersama klubnya, Persebaya, di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Rabu pagi (20/3/2019).

Kehadiran Dutra di latihan ini memunculkan rumor dia dicoret dari Timnas Indonesia. Sebab, pemain yang kini sedang dalam proses naturalisasi menjadi WNI itu seharusnya bersama skuat arahan Simon McMenemy setidaknya sampai 25 Maret 2019.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, meluruskan bahwa Dutra tidak dicoret dari Skuat Garuda. Stoper berusia 35 tahun kembali ke Surabaya untuk mengurus keperluan administrasi dalam upayanya memperoleh paspor Indonesia.

"Proses naturalisasinya belum selesai 100 persen, makanya dia kembali lagi ke Persebaya. Mungkin setelah semuanya beres, dia bisa kembali bergabung dengan Timnas Indonesia," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu setelah latihan.

Seluruh pemain Timnas Indonesia kini berada di Bali untuk melakoni pemusatan latihan. Mereka juga akan beruji coba melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, sore ini, Rabu (20/3/2019).

Setelah itu, Timnas Indonesia akan bertolak ke Myanmar untuk menjalani laga uji coba internasional. Belum dipastikan apakah Dutra akan ikut rombongan itu agar bisa segera menjalani debut di Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Djadjang Nurdjaman terlanjur bahagia menyambut bek andalannya itu. Dia bahkan berharap Dutra tetap bersama timnya.

"Mudah-mudahan dia di sini sampai tanggal 29 Maret 2019 nanti, saat Persebaya bermain di babak 8 besar (Piala Presiden 2019)," ucap Djanur.

Persebaya kini dalam persiapan untuk menatap babak 8 besar Piala Presiden 2019 menghadapi Tira Persikabo. Duel itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat malam (29/3/2019).