Sukses


Media Vietnam Terus Mengawasi Pergerakan Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tak hanya jadi magnet di Tanah Air. Keberadaan tim asuhan pelatih Indra Sjafri itu untuk melakoni kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Hanoi turut menjadi perhatian media massa lokal Vietnam.

Sejak kedatangan di ibu kota Vietnam itu pada Senin malam (18/3/2019), sejumlah media Vietnam, terutama media online, aktif memberitakan aktivitas Timnas Indonesia U-23.

Bila dibandingkan dengan tim lain di Grup K, porsi pemberitaan Timnas Indonesia U-23 jauh lebih banyak dan intens. Media-media online semisal Bongda, Bongdaplus, Zing, cukup rajin menulis perkembangan Tim Garuda Muda.

Beberapa jurnalis media Vietnam bahkan turut menanti kedatangan Timnas Indonesia U-23 di Bandara Noi Bai, Hanoi, pada Senin malam. Mereka mengunggah hasil liputan dan wawancara dengan pemain dalam laman mereka.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) juga turut mengunggah berita kedatangan Tim Garuda Muda dalam situs resmi mereka.

Lebih lanjut, sesi latihan Timnas Indonesia U-23 di Hanoi juga tak luput dari pantau media lokal. Mereka rela menunggui hingga latihan usai untuk mendapatkan wawancara lantaran pelatih Indra Sjafri hanya memberi kesempatan pada media untuk meliput selama 10-15 di awal latihan saja.

Selain sang pelatih, pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 ada juga yang jadi "favorit" alias incaran media lokal Vietnam. Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, dan Marinus Wanewar paling sering menghiasi pemberitaan media olahraga di Vietnam belakangan ini.

Satu media bahkan menulis satu artikel yang seluruhnya mengulas perihal Marinus, yang kembali masuk skuat untuk disiapkan tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Maklum, Marinus sempat jadi bahan pembicaraan publik sepak bola Vietnam saat Piala AFF U-22 2019.

Tak cukup hanya mengunggah artikel, media lokal Vietnam melengkapi pemberitaan mereka dengan foto-foto dan bahkan video.

Perlakuan "istimewa" terhadap Timnas Indonesia U-23 ini bisa jadi karena Tim Garuda Muda jadi tim peserta pertama yang tiba di Hanoi, selain tentu saja Vietnam sebagai tuan rumah. Dua tim lain, Thailand dan Brunei Darussalam, baru tiba di Hanoi pada Rabu malam ini (20/3/2019).

Namun, bisa jadi memang karena Timnas Indonesia U-23 cukup memiliki nilai pemberitaan kuat sehingga media Vietnam akan terus memberitakan untuk memuaskan kebutuhan informasi perihal Tim Garuda Muda.

Video Populer

Foto Populer