Sukses


KNVB Berikan Memorandum ke AFC, Status Ezra Walian di Timnas Indonesia U-23 Mengambang

Bola.com, Jakarta - AFC mendapatkan memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) terkait keabsahan pemain Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian. Penyerang berusia 21 tahun itu pun terhalang untuk didaftarkan pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Ezra Walian adalah pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, dan telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2017. Striker RKC Waalwijk tersebut berpeluang besar membela Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23. Adapun, perhelatan ini bakal dimulai pada 22-26 Maret 2019.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa status Ezra Walian sebagai WNI dipermasalahkan oleh peserta Kualifikasi Piala AFC U-23 lainnya karena pernah berseragam tim nasional Belanda di level junior. Tapi, dugaan tersebut terbantahkan.

"Ezra Walian bukan dipermasalahkan. Ezra kan baru bermain di turnamen di bawah AFC baru sekarang. Karena di bawah AFC, ada note dari KNVB," ujar Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo ketika dihubungi Bola.com, Kamis (21/3/2019).

Kata Gatot, KNVB mengirimkan memo kepada AFC bahwa Ezra Walian pernah memperkuat Belanda U-17 pada Kualifikasi Euro U-17 2014. Dampaknya, PSSI harus berkirim surat ke FIFA untuk meminta legalitas jebolan Jong Ajax tersebut.

"Bahwa pemain ini pernah bermain di Kualifikasi Euro U-17. Karena KNVB memberi note itu, ya sudah akhirnya AFC note ke kami, ya sudah. 'Coba dijelaskan dulu posisi Ezra Walian warga negara mana'. Begitu permintaan AFC," kata Gatot menambahkan.

Gatot berpatokan dengan fakta bahwa Ezra Walian belum pernah memperkuat tim nasional Belanda senior, sehingga statusnya legal untuk tampil di Timnas Indonesia U-23.

"Kalau bukan pemain senior masih boleh bermain untuk tim nasional lain. Kalau sudah senior di negara lain, tidak bisa bermain untuk kami. Sekarang kami menunggu dari FIFA saja," imbuh Gatot.

Video Populer

Foto Populer