Sukses


3 Pemain Thailand yang Bakal Merepotkan Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Hanoi - Thailand akan menjadi ujian pertama buat Timnas Indonesia U-23 pada ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Di atas kertas, materi pemain yang dibawah skuat The Young War Elephants tak bisa dipandang sebelah mata.

Buat Timnas Indonesia U-23, Thailand bukan lawan yang asing. Thailand merupakan tim yang selama ini menjadi momok menakutkan buat Indonesia.

Dalam 10 tahun terakhir, Timnas Indonesia U-23 hanya mampu menang dua kali melawan Thailand. Terakhir terjadi pada final Piala AFF U-22 2019, di mana pasukan Indra Sjafri meraih kemenangan 2-1.

Namun, Thailand yang dulu dinilai sangat berbeda dengan sekarang. Materi pemain yang diusung pelatih Alexandre Gama berubah dan ini yang menjadikan Thailand patut diperhitungkan.

Dalam 23 nama yang dibawa ke Hanoi, Vietnam, hanya tujuh nama yang merupakan alumni Piala AFF U-22 2019. Hal ini menjadi bukti keseriusan Thailand dalam mengikuti turnamen tersebut.

Meski, mereka sebenarnya tak perlu mati-matian karena sebagai tuan rumah, tiket Piala AFC U-23 2020 sudah dalam genggaman. Namun, Thailand diyakini tetap bakal tampil maksimal untuk menguji kesiapan tim dan juga sebagai bekal ke SEA Games 2019 nanti.

Lantas, siapa saja pemain Thailand yang harus diwaspadai? Berikut ini 3 pemain Thailand yang bakal merepotkan Timnas Indonesia U-23 versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Shinnaphat Leeaoh

Shinnaphat Leeaoh, merupakan kapten dari Timnas Thailand U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (AFP/Adek Berry)

Shinnaphat Leeaoh merupakan kapten Timnas Thailand U-23 di bawah asuhan Alexandre Gama. Pemain berusia 22 tahun itu dipercaya menjadi pemimpin timnya karena ketegasan dan penampilan apiknya di lini belakang.

Pemain yang bermain di Chiangrai United itu sudah membela Thailand U-23 sejak 2017. Memiliki postur 181 cm itu membuat Shinnaphat Leeaoh menakutkan buat penyerang lawan. Shinnaphat Leeaoh juga dikenal tangguh dalam duel-duel bola udara.

3 dari 4 halaman

Saringkan Promsupa

Pemain depan Timnas Indonesia U-23, Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pemain Thailand U-23, Saringkan Promsupa pada laga persahabatan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Minggu (3/6). Laga berakhir imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saringkan Promsupa merupakan jantung pertahan Timnas Thailand U-23. Pemain berusia 21 tahun itu dikenal sebagai sosok tanpa ampun.

Saringkan Promsupa akan melakukan apa pun untuk menjaga lini pertahanan Thailand U-23. Tak hanya tangguh di belakang, Saringkan Promsupa juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Pada Piala AFF U-22 2019, Saringkan Promsupa berhasil menjadi pencetak gol terbanyak buat Thailand dengan koleksi tiga gol. Uniknya, semua gol itu berasal dari sundulan kepalanya ketika menyambut bola tendangan bebas atau penjuru. 

4 dari 4 halaman

Supachai Jaided

Gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan gelandang Thailand, Supachai Jaided, pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Supachai Jaided merupakan penyerang Thailand U-23 yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-23. Meski berusia 20 tahun, Supachai Jaided sudah dipercaya tampil bersama Timnas Thailand senior.

Pada Piala AFF 2018, Supachai Jaided berhasil mencetak tiga gol. Hal ini menjadi bukti kalau pemain berpostur 183 cm itu adalah pemain yang harus mendapatkan pengawan ekstra di lini belakang.

Selain di Piala AFF 2018, pemain Buriram United itu ikut memperkuat Thailand senior di Piala Asia 2019, serta Timnas U-23 di Asian Games 2018.

Pada Piala AFF U-22 2019, Supachai Jaided tidak diikutsertakan oleh pelatih Alexandre Gama. Jadi, pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Supachai Jaided dipanggil untuk mengembalikan ketajaman lini depan The Young War Elephants.

Video Populer

Foto Populer