Sukses


Ezra Walian Tak Bisa Membela Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala AFC U-23

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang jelang laga pertama Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand, pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Jumat (22/3/2019). FIFA mengirimkan surat kepada PSSI yang menegaskan striker naturalisasi, Ezra Walian, tidak bisa membela Tim Garuda Muda.

Hal ini bermula dari Match Coordination Meeting (MCM) Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang dilakukan di Hanoi, Vietnam, Kamis (21/3/2019). Ezra Walian tak bisa didaftarkan ke dalam 23 pemain Timnas Indonesia U-23 karena terganjal urusan administrasi, yakni sang pemain tercatat pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.

AFC telah menyatakan konsultasi dengan FIFA terkait status Ezra. Hasilnya, FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra untuk tampil bersama Timnas Indonesia dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.

"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengaku kabar tersebut. Arsitek Timnas Indonesia U-23 asal Sumatra Barat ini mengonfirmasi kepada Bola.com terkait kabar tersebut. "Iya, benar." ujar Indra Sjafri melalui pesan singkat.

Ezra Walian tercatat pernah dua kali bermain membela Timnas Belanda U-17, yakni saat menghadapi Georgia dan San Marino pada Kualifikasi Piala Eropa U-17 2024. Saat itu, Ezra Walian mencetak lima gol ke gawang San Marino, dalam laga yang berakhir dengan skor 12-0.

Pada sisi lain, Ezra Walian sudah membela Timnas Indonesia dalam beberapa pertandingan, termasuk dalam laga internasional menghadapi Myanmar pada 21 Maret 2017. Selain itu, ia juga tampil membela Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Video Populer

Foto Populer