Sukses


Beda Nasib Ezra Walian dengan Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly

Bola.com, Jakarta - Striker naturalisasi termuda Indonesia, Ezra Walian, gagal memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 setelah ada pemberitahuan dari FIFA mengenai pelarangan sang pemain memperkuat Tim Garuda. Namun, apa yang dialami Ezra bertolak belakang dengan seniornya, Raphael Maitimo, yang juga berpengalaman bermain di sejumlah tim nasional kategori umur di Belanda.

Ezra Walian tak bisa dimasukkkan dalam 23 pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Setelah AFC berkonsultasi dengan FIFA, PSSI mendapatkan surat yang mempertegas larangan bermain Ezra berdasarkan pasal 5 dan 8 dalam statuta FIFA.

Dalam surat yang dikirimkan kepada PSSI, organisasi sepak bola dunia itu telah menerima dan memeriksa dokumen Ezra Walian yang telah diterima dan menyatakan, "Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda."

Kondisi Ezra Walian tersebut menjadi tanda tanya mengingat naturalisasi bukan barang baru di Indonesia. Sejak pertama kali dilakukan pada era Nurdin Halid, tak ada kendala terkait proses naturalisasi, terutama dari Belanda. Sebut saja Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly, dua pemain yang tercatat juga sudah bermain bersama tim nasional junior Belanda.

 

2 dari 2 halaman

Lilipaly dan Maitimo

Stefano Lilipaly, yang saat ini masih aktif menjadi pemain Timnas Indonesia, tercatat pernah membela Timnas Belanda U-17 pada 2006 dan 2007. Sementara itu, Raphael Maitimo merupakan pemain yang memperkuat Timnas Belanda sejak U-15 hingga U-17.

Bahkan Raphael Maitimo pernah menjadi rekan setim bintang Timnas Belanda, Robin van Persie, Nigel de Jong, Wesley Sneijder, dan Arjen Robben. Raphael Maitimo pernah memperlihatkan kedekatan dengan Van Persie ketika Timnas Belanda datang ke Jakarta pada Juni 2013.

Raphael Maitimo hingga kini sudah 21 kali bermain bersama Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Rotterdam itu sudah menyumbang empat gol bagi Tim Garuda. Namun, kini justru Ezra Walian terancam tak bisa mendapatkan pengalaman yang sama seperti seniornya itu setelah FIFA menyatakan Ezra Walian tak bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Ezra Walian sudah mendapatkan laga debut bersama Timnas Indonesia ketika menjalani pertandingan persahabatan internasional resmi kontra Myanmar pada Maret 2017. Selain itu, Ezra juga sudah memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Lantas mengapa FIFA baru mengirimkan larangan saat ini?

 

Video Populer

Foto Populer