Sukses


Kualifikasi Piala AFC U-23 2020: Wasit dan Pemain Brunei Bertabrakan sampai Cedera

Bola.com, Hanoi - Insiden yang jarang terjadi di pertandingan sepak bola muncul di Hanoi, tepatnya di Stadion My Dinh, saat pertandingan tim rumah Timnas Vietnam U-23 melawan Brunei Darussalam, Jumat (22/3/2019). Laga ini masuk matchday pertama Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Saat pertandingan baru berjalan 11 menit, wasit yang memimpin jalannya pertandingan, Adham Mohammad Makhadmeh, mengalami cedera hingga pertandingan terhenti selama beberapa menit.

Penyebab cedera sungguh di luar dugaan. Wasit asal Yordania itu bertabrakan dengan gelandang Brunei, Muhammad Rahimin Bin Abdul Ghani, saat Timnas Vietnam U-23 melakukan penetrasi di area pertahanan Brunei.

Kejadian berawal tak lama setelah Ha Duc Chinh mencetak gol pertama Vietnam pada menit ke-11. Lantaran terlalu fokus memperhatikan bola, wasit berusia 32 tahun itu tak menyadari posisinya berdekatan dengan Ghani. Ghani, yang sibuk menghalau serangan lawan, juga tak memperhatikan keberadaan Makhadmeh.

Akibatnya, tabrakan di antara keduanya tak bisa terhindarkan. Sesaat setelah insiden itu, Makhadmeh tampak memegangi lututnya. Ia mencoba berdiri dan melanjutkan tugasnya, tetapi rasa sakit tak terelakkan.

Ia lantas memberi kode pada tim medis untuk masuk ke lapangan. Alih-alih untuk menangani pemain yang mengalami cedera saat pertandingan seperti yang biasa diperintahkannya, tim medis itu datang untuk memberi perawatan pertama kepadanya.

Dokter dari Timnas Vietnam U-23 pun bergegas masuk ke lapangan. Ia memberikan semprotan penghilang sakit di bagian lutut Makhadmeh. 

Kejadian ini membuat pertandingan terhenti setidaknya selama tiga menit.

Wasit keempat masuk ke lapangan untuk memastikan apakah Makhadmeh masih sanggup melanjutkan tugasnya untuk memimpin pertandingan atau perlu diganti. Makhadmeh memastikan ia tak apa-apa dan masih bisa bertugas kembali. Pertandingan pun dilanjutkan.

Adham Mohammad Makhadmeh mengantongi lisensi wasit FIFA sejak 2013. Ia sudah ditugasi memimpin banyak pertandingan internasional di bawah AFC, termasuk di laga final Piala AFC U-23 2018 yang mempertemukan Timnas Vietnam U-23 kontra Uzbekistan.

Selain itu, Makhadmeh memimpin partai semifinal Piala AFF 2018 antara Malaysia melawan Thailand. Namanya juga sempat jadi kontroversi ketika memimpin duel di Piala Asia 2019 antara tuan rumah Uni Emirat Arab versus Bahrain.

Di sisi lain, duel Timnas Vietnam U-23 melawan Brunei berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah dengan skor 6-0.

Video Populer

Foto Populer