Sukses


Menengok Perjuangan Bonek Kirim Bantuan ke Korban Banjir Sentani  

 

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, menunjukkan kepedulian terhadap korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.  Pekan lalu, Bonek Jayapura mengirim bantuan untuk korban, Minggu (17/3/2019).

Bonek di seluruh Indonesia, yang berbasis di Surabaya, Makassar, Jogja, dan daerah lainnya juga turut menyumbang bantuan. Mereka meminta bantuan kepada Bonek Jayapura untuk menyalurkannya pada Minggu (24/3/2019).

Usaha yang dilakukan Bonek Jayapura untuk sampai ke tempat pengungsian tidak mudah. Terdapat beberapa daerah yang masih terisolasi dengan akses terbatas. Satu daerah yang menjadi tujuan mereka adalah Desa Ayapo, Distrik Sentani Timur.

Bonek Jayapura harus menyewa kapal untuk mencapai tempat tersebut. “Kami mengalami kendala karena air di Danua Sentani meluap. Beberapa warga diarahkan ke tempat pengungsian yang terletak di Desa Ayapo,” terang Muhammad Nur Arianto, perwakilan Bonek Jayapura, kepada Bola.com, Senin (25/3/2019).

Mereka menyewa dua kapal dari Dermaga Khalkote menuju Ayapo dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Mereka mulai berangkat dari dermaga itu pada pukul 11.00 WIT. Di desa tersebut, terdapat tiga titik pengungsian, yakni Balai Desa Ayapo, Gereja Elim, dan Gereja Alfa Omega.

“Kami memilih menyalurkan bantuan ini ke Ayapo karena banyak warga di sana yang belum mendapat bantuan. Semuanya berangkat bersama dengan dua kapal, menyalurkan bantuan di tiga titik tersebut,” imbuh perwakilan bonek yang akrab disapa Ari itu.

 

2 dari 2 halaman

Barang-barang yang Dibutuhkan Pengungsi

Menurut Ari, masih terdapat beberapa desa di Sentani yang sulit diakses masyarakat umum yang ingin mengirim bantuan. Sebagai pengganti, kepolisian dan TNI AL biasanya akan membantu daerah yang terisolasi tersebut.

“Ada beberapa desa yang sulit dicapai, ada dibalik gunung atau harus melewati danau. Sejauh ini yang bisa ke sana polisi dan TNI AL. Kalau kami mau ke sana, bisa meminta bantuan mereka sebenarnya,” tutur Ari.

Seluruh bantuan yang disalurkan oleh Bonek Jayapura merupakan sumbangan dari rekan-rekan Bonek di seluruh Indonesia. Bantuan tersebut kebanyakan berupa bahan makanan, pakaian bekas, dan air minum. 

“Warga di sini masih membutuhkan beberapa barang lain, misalnya tenda, peralatan dapur, dan peralatan pendidikan. Anak-anak di sini perlu mendapat pendampingan juga. Sejauh ini yang paling banyak bahan makanan,” ucap Ari.

Bonek Jayapura juga menerima bantuan berupa uang tunai. Uang itu akan dibelanjakan barang-barang kebutuhan yang bisa lebih bermanfaat. Mereka masih akan mengirim bantuan kepada korban selama proses pemulihan bencana dilakukan.

 

Video Populer

Foto Populer