Simon McMenemy Menikmati Permainan Rizky Pellu dan Evan Dimas di Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 26 Mar 2019, 06:30 WIB
Diperbarui 28 Mar 2019, 06:17 WIB
Timnas Indonesia

Bola.com, Mandalay - Pada partai debutnya bersama Timnas Indonesia, Simon McMenemy langsung membuat penasaran. Formasi 3-4-3 dipakainya kala mengalahkan Myanmar 2-0 pada pertandingan uji coba di Mandalar Thiri Stadium, Mandalay, Senin (25/3/2019).

Pakem tersebut tergolong jarang diterapkan di Timnas Indonesia, bahkan di sepak bola nasional secara keseluruhan. Tapi, McMenemy membuktikan taktiknya berjalan ampuh. Duet gelandang Rizky Pellu dan Evan Dimas begitu lihai mengontrol lini tengah.

Pellu dan Evan juga terbilang anyar memainkan peran double pivot di lini tengah Timnas Indonesia. Berdasarkan statistik Labbola, Pellu bahkan tercatat sebagai pemain tersering yang melancarkan operan di Timnas Indonesia pada pertandingan tersebut.

Pellu mengumpulkan 62 passing, disusul Evan (55), dan bek tengah Manahati Lestusen (43).

"Rizky Pellu dan Evan Dimas merupakan gelandang luar biasa yang membantu kami menjadi bagus. Kami tahu kualitas mereka dan kami coba memaksimalkan apa yang mereka miliki," ujar McMenemy pada konferensi pers setelah pertandingan.

Pellu dan Evan dipadukan McMenemy selama pemusatan latihan Timnas Indonesia di Australia dan Bali pada 9-20 Maret lalu. Dalam waktu yang singkat, kerja sama antara keduanya, kata McMenemy, telah menyatu dengan baik.

"Sangat enak dilihat (Pellu dan Evan). Dan jika saya bisa mempersiapkannya dalam rentang dua pekan sampai sepuluh hari, bayangkan apa yang bisa dilihat di masa depan (dengan waktu persiapan yang lebih lama). Penampilan yang sangat bagus dari mereka," tutur arsitek asal Skotlandia ini.